Berita Bidang Ketenagakerjaan

Safari Ramadhan 2: KDEI Taipei Kembali Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah secara Islam

TAOYUAN –Kantor Dagang dan Ekonomi (KDEI) Taipei kembali menggelar pelatihan pemulasaraan jenazah secara Islam. Pelatihan diadakan bertepatan bulan Ramadhan 1444 Hijriah. Sekitar seratus peserta hadir dalam pelatihan ini. Peserta berasal dari Taipei, Taoyuan hingga Hsinchu.

“Harapannya, kita sebar pengetahuan (tata cara pemulasaraan jenazah secara Islam) ini, sehingga kalau ada saudara kita yang meninggal, kita bisa menjadi orang pertama yang membantu saudara kita,” tutur Kepala KDEI Taipei, Iqbal S. Shofwan, didampingi Kepala Bidang Naker, Purwanti Uta Djara, di lokasi pelatihan yang digelar di Mushola PMI Al Amin, di Chungli, Taoyuan, Minggu (09/04/2023).

Pelatihan ini dipimpin oleh Ustaz Arif Wahyudi, Mustasyar (Penasihat) PCINU Taiwan. Sebagai informasi, KDEI Taipei telah menginisiasi pelaksanaan pemulasaraan jenazah WNI/PMI secara Islam (bagi yang beragama Islam) yang meninggal dunia di Taiwan. Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2015 hingga sekarang dengan menggandeng PCINU Taiwan.

“Ke depannya, (pelatihan) akan kita lakukan terus-menerus, ke daerah lainnya, sehingga siapapun sanggup membantu saudaranya yang meninggal,” tambah Kepala KDEI Taipei.

Pelatihan pemulasaraan jenazah secara Islam kali ini, merupakan kegiatan kedua setelah tahun sebelumnya juga diselenggarakan di Taipei. Mengingat antusiasme yang cukup tinggi, kegiatan serupa kembali digelar, kali ini bergeser ke wilayah Taoyuan untuk merangkul PMI di wilayah Taoyuan yang meliputi Chungli, Miaoli, Hsinchu, dan sekitarnya.

Pelatihan pemulasaraan jenazah yang dimulai usai sholat Zuhur berjamaah ini menerangkan detail tata cara menangani jenazah pria dan wanita sejak mensucikan (memandikan), mangkafani, hingga mensholati. Kegiatan dipungkasi dengan praktik mensholati jenazah. Usai kumandang azan Maghrib, seluruh peserta berbuka puasa dan sholat Maghrib berjamaah. Turut hadir pada kegiatan tersebut Fadillah Ahdiyat, Ketua PPLN Taiwan yang melakukan sosialisasi Pantarlih untuk Pemilu 2024.

Share this Post:

Berita Terkait: