Berita Bidang Ketenagakerjaan

Pendampingan KDEI Taipei, Tunjangan Hidup Empat PMI Telah Cair

TAIPEI – KDEI Taipei telah melakukan pendampingan terhadap sejumlah PMI yang mengalami kecelakaan kerja hingga seluruh hak PMI cair. Yang terbaru, KDEI Taipei melakukan pendampingan penuh dalam pengurusan tunjangan hidup dan sebanyak 4 (empat) pengajuan telah cair diterima masing-masing PMI.

Ke empat pengajuan tunjangan hidup dari Kementerian Tenaga Kerja (MOL) Taiwan yang telah cair tersebut adalah pengajuan PMI a.n Nani Yustian (telah kembali ke Indonesia), Sriyatno (masih di Taiwan), Siswanto (masih di Taiwan), dan Ardian Majid (masih di Taiwan).

Ke empatnya mengalami cedera berat antara lain kaki putus (PMI a.n Nani Yustian) dan tangan putus (PMI a.n Sriyatno, Siswanto, dan Ardian Majid). Ke empat PMI mengungkapkan rasa syukur atas turunnya tunjangan hidup sebesar NTD.6.200,- tersebut. Mereka juga berterima kasih atas bantuan dan pendampingan dari KDEI Taipei.

Kepala Bidang (Kabid) Naker KDEI Taipei, Purwanti Uta Djara, mengungkapkan, tunjangan hidup tersebut merupakan program dari Kementerian Tenaga Kerja (MoL) Taiwan melalui Divisi Keselamatan Kerja. Total sebanyak 19 PMI yang mengalami cedera berat tingkat 1 (satu) sampai 7 (tujuh) dalam kurun waktu 10 tahun terakhir berhak atas tunjangan dimaksud.

Tunjangan hidup ini akan diterima masing-masing PMI setiap bulan selama lima tahun ke depan. (*).
Share this Post:

Berita Terkait: