Berita Bidang Ketenagakerjaan

Pelatihan Mengolah Menu Khas Taiwan, KDEI Taipei Bekali PMI Kewirausahaan

KAOHSIUNG - Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei Bidang Tenaga Kerja (Naker) menggelar pelatihan membuat ayam cipai, ayam tepung kemangi, bola ubi, bubur mutiara, dan ongol-ongol khas Taiwan. Ayam Cipai adalah menu khas Taiwan yang serupa dengan "Chicken Cutlet". Cutlet adalah salah satu jenis potongan dengan ciri khas irisan yang tipis dan lebar pada suatu bahan yang terkait daging. Lazimnya, aneka rupa hidangan cutlet menggunakan tepung roti untuk membaluri daging olahan yang dimasak.

Sebanyak 51 (lima puluh satu) pekerja migran Indonesia (PMI) antusias mengikuti pelatihan tersebut. Kepala Bidang (Kabid) Naker KDEI Taipei, Purwanti Uta Djara berharap PMI dapat memanfaatkan kegiatan pemberdayaan tersebut dengan sebaik-baiknya. "Sikap mental orang yang sukses adalah rajin, ulet, mau bekerja keras dan tidak pantang menyerah serta mempunyai pola pikir yang cepat, kreatif, dan inovatif," tuturnya di hadapan peserta pelatihan di Kaohsiung Vocational Training Center of Dining, Minggu, 24 Juli 2022.

"Pembekalan ini bermanfaat memberikan pengetahuan dasar agar PMI bisa membuka usaha sendiri setelah kembali ke Tanah Air," pungkasnya.  "Alhamdulilah, pelatihan ini banyak sekali manfaatnya. Nanti sesampainya ke Indonesia dapat kita kembangkan," ujar Eneng Kasih, PMI asal Bandung, Jawa Barat. PMI ini datang jauh-jauh dari wilayah Pingtung untuk mengikuti pelatihan.

"Nanti di Indonesia kita bisa mempraktekkan dan membuka usaha sendiri", timpal PMI asal Sragen, Sri Giyanti

Kegiatan pemberdayaan PMI berupa pelatihan mengolah masakan ini dinilai sangat tepat.  "Sangat banyak manfaatnya terutama pelatihan kuliner," cetus Windi Purwanto, PMI asal Cilacap, Jawa Tengah, yang bekerja memperbaiki kapal di wilayah Qijin, Kaohsiung.

Sebagai informasi, pelatihan serupa sebelumnya juga diadakan di wilayah Yilan untuk menjangkau PMI di daerah utara dan timur Taiwan meliputi Yilan, Taipei, New Taipei, dan Hualien. Kali ini pembekalan PMI dipusatkan di Kaohsiung demi merangkul PMI di wilayah selatan meliputi Kaohsiung, Tainan, dan Pingtung (*)
Share this Post:

Berita Terkait: