Berita Bidang Ketenagakerjaan

PMI MENJADI PEKERJA ASING TERBANYAK YANG RAIH GELAR PEKERJA TELADAN 2023 DI KAOHSIUNG

Kaoshiung (22/04/2023) KDEI Taipei menghadiri acara Penganugerahan Pekerja Teladan dan Serikat Pekerja Kota Kaohsiung Tahun 2023 di Kaohsiung Forest Palace yang diselenggarakan oleh otoritas lokal Kaohsiung dan didukung oleh Biro Ketenagakerjaan setempat. Acara tahunan ini turut dihadiri oleh Walikota Kaohsiung, Direktur Jenderal Biro Ketenagakerjaan Kota Kaohsiung, perwakilan dari Filipina dan Thailand, anggota DPR dan DPRD Kaohsiung, asosiasi agensi tenaga kerja serta serikat pekerja di Kaohsiung.

Walikota Kaohsiung, Mr. Chi-Mai Chen, menyampaikan bahwa Kaohsiung memiliki angka pengangguran terkecil se-Taiwan dan pencapaian ini merupakan hasil kerja sama berbagai pihak. Ia juga mengapresiasi kerja keras para pekerja asing yang telah berkontribusi terhadap perekonomian Kaohsiung, bahkan saat ini terdapat pekerja asing pada setiap bidang pekerjaan di Kaohsiung. Anggota DPR dan DPRD Kaohsiung dalam sambutannya senada mendorong upaya-upaya menjamin keamanan dan keselamatan kerja serta optimalisasi asuransi bagi para pekerja yang memiliki peran penting terhadap pembangunan di Kaohsiung.

Sebanyak 39 serikat pekerja dari berbagai bidang mendapatkan penghargaan dan 50 pekerja Taiwan serta 20 pekerja asing meraih gelar pekerja teladan tahun 2023. Dari 20 pekerja asing teladan yang terpilih, PMI menjadi pekerja asing terbanyak yang meraih gelar pekerja teladan, yaitu sebanyak 7 (tujuh) orang. Untuk mendapatkan gelar ini, beberapa aspek yang dinilai antara lain kemampuan bahasa, keterampilan bekerja, dan rekomendasi dari Pemberi Kerja. 

Ketujuh PMI teladan yang telah bekerja di Taiwan selama 4-15 tahun tersebut adalah Rina Purpitasari (Perawat Lansia) asal Ponorogo, Jawa Tengah; Siti Nurwahyuni (Perawat Lansia) asal Tulungagung, Jawa Timur; Mudrikah (Perawat Lansia) asal Wonosobo, Jawa Tengah; Neli Lestiani (Perawat Lansia) asal Cirebon, Jawa Barat; Edi Permana (Operator Pabrik) asal Cimahi, Jawa Barat; Hartini (Perawat Lansia) asal Ponorogo, Jawa Tengah; dan Haryani (Perawat Lansia) asal Lampung Timur, Lampung.

“Kunci bekerja di Taiwan adalah sabar dan jangan jadi kaburan,” pesan Rina Purpitasari untuk PMI lain. 



Share this Post:

Berita Terkait: