Berita Bidang Ketenagakerjaan

KDEI Taipei berpartisipasi Aktif dalam Pembahasan Draft Revisi Peraturan Penempatan dan Pelindungan ABK LG Asing di Taiwan

Taipei (17/3/2022), KDEI Taipei menghadiri rapat pembahasan draft revisi peraturan penempatan dan pelindungan ABK asing yang bekerja di kapal ikan laut lepas yang terdaftar sebagai kepemilikan Taiwan. Pertemuan dipimpin oleh Dirjen Fisheries Agency, COA dengan peserta rapat terdiri dari pemerintah Kota Kaohsiung, Asosiasi perusahaan Tuna, Asosiasi Manning Agency, Asosiasi pemilik kapal dan 6 (enam) NGO.

Topik pembahasan terkait dengan rencana kenaikan gaji, proses penempatan ABK asing ke Taiwan, pembayaran gaji tanpa melibatkan perusahaan penempatan di negara asal ABK, perizinan agensi dan nilai klaim asuransi baik kecelakaan kerja maupun jiwa.

Menanggapi pertanyaan dari salah satu NGO, KDEI Taipei menjelaskan 5 (lima) skema penempatan PMI ke luar negeri yang diharapkan dapat menjadi referensi pemerintah Taiwan dalam revisi peraturan tata kelola penempatan ABK ke Taiwan. Selanjutnya, KDEI Taipei juga menyampaikan akan memfasilitasi komunikasi antara Fisheries Agency dengan K/L terkait di Indonesia sebagaimana yang dimintakan.

Share this Post:

Berita Terkait: