Berita Bidang Ketenagakerjaan

BERTAMBAH DARI TAHUN LALU, LIMA PEKERJA MIGRAN INDONESIA DIANUGERAHI PENGHARGAAN PEKERJA TELADAN NEW TAIPEI CITY 2024

Kamis, 25 April 2024, tak hanya menyumbangkan devisa untuk negerinya, 5 (lima) Pekerja Migran Indonesia menoreh prestasi yang mengharumkan nama Indonesia karena dianugerahi penghargaan pekerja teladan tahun 2024 oleh otoritas New Taipei City. Kelima Pekerja Migran Indonesia teladan tersebut adalah Samikhun (Pekerja Pabrik, 40 tahun, asal Cilacap), Syifanul Janah Bt Ngateman Kur (Perawat di Panti Jompo, 41 tahun, asal Demak), Umi Kulsum (Perawat di Rumah Tangga, 28 tahun, asal Ngawi), Siti Purnati (Perawat di Rumah Tangga, 54 tahun, asal Kendal), Titinih (Perawat di Rumah Tangga, 41 tahun, asal Indramayu). Para Pekerja Migran Indonesia yang mendapatkan penghargaan telah bekerja di Taiwan selama 1,5 tahun sampai 14 tahun.

“Rasanya ndredeg (gemetar),” ungkap Syifanul Janah setelah mendapatkan penghargaan yang akan menjadi kejutan untuk keluarganya. Titinih juga mengungkapkan bahwa penghargaan dan perjuangannya di Taiwan dipersembahkan untuk almarhumah ibu dan anaknya yang telah tinggal berjauhan selama 12,5 tahun.

Sebagai Pekerja Pabrik, Samikhun meyakini bahwa rajin dan semangat bekerja menjadi kunci utama ia dianugerahi penghargaan pekerja teladan. Sedangkan Umi Kulsum yang merupakan Perawat di Rumah Tangga berpesan kepada Pekerja Migran Indonesia yang telah berada dan akan bekerja di Taiwan, “Kita harus bekerja dengan baik, kalau kita sudah niatin ke sini, kita harus menganggap pasien kita seperti keluarga sendiri.” Sementara itu, Siti Purnati berpendapat bahwa doa dan ikhtiar mengantarkan dirinya bekerja pada majikan yang sabar meski di awal bekerja masih belum sepenuhnya menguasai bahasa.

Acara Penganugerahan Penghargaan Pekerja, Supir Bis dan Supir Taksi Teladan New Taipei City Tahun 2024 yang diselenggarakan di Aula Serba Guna Lantai 3 Kantor Pemda New Taipei City dihadiri oleh Walikota New Taipei City, Perwakilan Legislatif, Kepala Biro Ketenagakerjaan New Taipei City, Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja New Taipei City, lima Ketua Federasi Serikat Pekerja New Taipei City, Ketua Asosiasi Taksi dan Angkutan Umum, seluruh Asosiasi berbagai sektor pekerjaan, 247 pekerja yang menerima penghargaan, para pemberi kerja, dan agensi. Selain Indonesia, perwakilan dari Filipina juga menghadiri acara tersebut.

Dalam sambutannya, Walikota Hou Youyi mengapresiasi semua pekerja atas kerja kerasnya yang mendorong perekonomian dan pembangunan New Taipei City. Selain itu, Walikota Hou juga berharap 1 hari libur nasional untuk buruh yang merupakan janji dari otoritas Taiwan dapat direalisasikan secepatnya.


PMI Penerima Penghargaan bersama KDEI Taipei dan Bureau of Labor Affairs, New Taipei City


Walikota New Taipei City memberikan penghargaan kepada Samikhun


Walikota New Taipei City memberikan penghargaan kepada Siti Purnati


Walikota New Taipei City memberikan penghargaan kepada Syifanul Janah Bt Ngateman Kur


Walikota New Taipei City memberikan penghargaan kepada Titinih


Walikota New Taipei City memberikan penghargaan kepada Umi Kulsum




Share this Post:

Berita Terkait: