Berita Bidang Informasi WNI

UPAYA PELINDUNGAN WNI PADA SEKTOR PENDIDIKAN, KDEI TAIPEI SELENGGARAKAN SARASEHAN IMPLEMENTASI PROGRAM STUDI-MAGANG

Pada tanggal 15 April 2023, KDEI Taipei bekerja sama dengan PPI Kaohsiung dan Lakpesdam menyelenggarakan Sarasehan Implementasi Program Studi-Magang. Kegiatan diselenggarakan di Kaohsiung dan dihadiri 48 peserta perwakilan organisasi pelajar Indonesia yang mencakup hampir seluruh Taiwan.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala KDEI Taipei, Iqbal S. Shofwan menyampaikan bahwa KDEI Taipei terus berupaya memastikan implementasi program-program pendidikan yang ditawarkan oleh berbagai instansi di Taiwan, termasuk program studi-magang, dapat memberikan manfaat sepenuhnya bagi peserta asal Indonesia. Dalam kaitan itu, Kepala KDEI Taipei juga menekankan pentingnya komunikasi yang baik antara pelajar Indonesia dan KDEI dan kegiatan Sarasehan ini merupakan salah satu upaya dalam hal tersebut.

Kepala Bidang Pelindungan WNI dan Pensosbud KDEI Taipei, Novrizal dalam agenda setting sebelum memulai sesi diskusi menyampaikan gambaran dunia pendidikan di Taiwan, peluang dan tantangannya serta menggarisbawahi permasalahan sistemik dalam implementasi program studi magang di Taiwan.

Kegiatan Sarasehan ini merupakan langkah awal dalam upaya mencari solusi atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi, agar program studi-magang dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi pelajar asal Indonesia serta mencegah dan meminimalisir potensi masalah.

Perwakilan Lakpesdam memaparkan kajian awal beserta hasil pilot survey terkait Industry Academia Collaboration (IAC) yang di kalangan pelajar Indonesia sering disebut sebagai program studi-magang. Dalam dialog interaktif, perwakilan organisasi pelajar Indonesia di Taiwan dan para pelajar peserta program studi magang menyampaikan berbagai informasi dan pandangan terkait implementasi program studi-magang.

Kegiatan Sarasehan telah mengidentifikasi dan memetakan berbagai permasalahan mulai dari proses rekrutmen, pelaksanaan program, dan setelah selesainya program studi magang. Beberapa rekomendasi langkah tindak lanjut dan rencana survey dengan melibatkan responden yang lebih luas akan dikaji lebih lanjut oleh KDEI kerjasama dengan Lakpesdam, organisasi pelajar Indonesia di Taiwan dan para peserta program studi-magang. 

Kegiatan Sarasehan juga dimanfaatkan PPLN Taipei untuk sosialisasi tahapan-tahapan Pemilu 2024 pasca penetapan Daftar Pemilih Sementara Luar Negeri (DPSLN) 5 April 2023 lalu. PPLN Taipei juga memperkenalkan website https://daftar.pplntaipei2024.org yang dapat dipergunakan para calon pemilih untuk melakukan pendaftaran mandiri dan pengecekan data pemilih.

Share this Post:

Berita Terkait: