Berita Bidang Perdagangan

PERKUAT PERDAGANGAN INDONESIA DENGAN TAIWAN, IEAT TANDATANGANI MOU DENGAN GAPMMI

Taipei, 21 Juli 2022, Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI), sebagai organisasi yang menaungi ratusan produsen makanan dan minuman di Indonesia, menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Importers and Exporters Association of Taipei (IEAT) , yang merupakan asosiasi yang menaungi sekurangnya 6.000 pelaku usaha baik importir maupun eksportir di  Taiwan. Nota kesepahaman ini diharapkan sebagai awal dari kerjasama saling menguntungkan bagi kedua belah pihak untuk mendukung bisnis masing-masing anggotanya. MOU ditandatangani oleh Ketua GAPMMI, Adhi S. Lukman dan Yang Jiong Hao, Chairman of Asia Pacific Committee dari IEAT secara virtual di Jakarta dan Taipei. Turut hadir dan memberikan sambutan dalam acara penandatanganan MoU tersebut, Kepala KDEI Taipei, Bapak Budi Santoso, Representative of the TETO, Mr. John C. Chen dan Director of the Taiwan Trade Center di Jakarta, Mr. Tony Lin,.

Dalam sambutannya, Kepala KDEI Taipei mengemukakan bahwa produk pangan menjadi satu-satunya komoditas yang tidak mengalami penurunan permintaan bahkan pada pandemi COVID 19 masih parah.

Pada tahun 2021, ekspor produk pangan Indonesia ke Taiwan tumbuh 15,7% dibandingkan tahun 2020 senilai USD 52,4 Juta. Di sisi lain, Taiwan juga telah mengekspor 1,75 Miliar USD produk makanan ke dunia. Angka-angka ini menunjukkan bahwa Taiwan merupakan mitra strategis, tidak hanya sebagai tujuan ekspor tetapi juga sebagai hub ekspor ke pasar global. KDEI Taipei akan terus mendukung berbagai upaya yang dilakukan semua pihak dalam meningkatkan perdagangan khususnya ekspor Indonesia ke Taiwan.

Share this Post:

Berita Terkait: