Berita Bidang Informasi WNI

KDEI Taipei Selenggarakan Sosialisasi Pelindungan Pelajar Indonesia di Hsinchu

Hsinchu (15/10/23), KDEI Taipei menyelenggarakan Sosialisasi Pelindungan Pelajar Indonesia di Taiwan. Kegiatan diselenggarakan di Hsinchu dan dihadiri oleh 45 perwakilan dari organisasi-organisasi pelajar di Taiwan (PPI, PERPITA, dan FORMMIT) dari berbagai wilayah di Taiwan.

Dalam sambutan pembukaan, Wakil Kepala KDEI Taipei intinya menyampaikan bahwa jumlah pelajar Indonesia di Taiwan sangat signifikan, dan terdapat berbagai peluang sekaligus tantangan terkait dengan para pelajar Indonesia di Taiwan. Dibutuhkan sinergi dan kolaborasi yang baik antara KDEI Taipei dan pelajar Indonesia. Dalam hal ini, peran pelajar sangat penting dalam mendukung KDEI Taipei melaksanakan upaya-upaya pelindungan WNI khususnya pada segmen pelajar.

Menindaklanjuti rekomendasi Sarasehan Pelajar Indonesia di Kaohsiung tanggal 15 April 2023, dalam kegiatan sosialisasi telah dilakukan juga penetapan 19 orang pelajar dari 16 universitas yang tersebar di 9 daerah di Taiwan sebagai Tim Pendukung Pelindungan Pelajar Indonesia (TP3I). Tim dimaksud akan bekerja sama dengan KDEI Taipei dalam upaya pencegahan dan penanganan kasus-kasus yang dihadapi para pelajar Indonesia di wilayah masing-masing.

Pada sesi pemaparan, Kabid PWNI-Pensosbud menyampaikan beberapa materi terkait pelindungan WNI, antara lain Permenlu 5 Tahun 2018 tentang Pelindungan Warga Negara Indonesia di Luar Negeri, tindak lanjut KDEI Taipei terhadap rekomendasi Sarasehan Pelajar di Kaohsiung, sebaran pelajar Indonesia di Taiwan, serta kasus-kasus yang melibatkan pelajar Indonesia yang ditangani oleh KDEI Taipei.

Di akhir kegiatan, Anggota TP3I yang telah ditetapkan menyampaikan beberapa update situasi kasus yang melibatkan pelajar Indonesia di wilayah masing-masing. Para Anggota TP3I juga berdiskusi dengan KDEI Taipei terkait strategi pencegahan dan penanganan kasus-kasus yang melibatkan pelajar Indonesia di Taiwan.

Daftar nama Anggota TP3I yang telah ditetapkan pada kegiatan Sosialisasi Pelindungan Pelajar Indonesia, yaitu sebagai berikut:

  1. Kenneth Ryan Kusumah – Utara (Taipei), PERPITA
  2. Rakha Ramadhana – Utara (Taipei), FORMMIT
  3. Adelyn Nicole Gunawan – Utara (Taoyuan), PERPITA
  4. Rizky Wanda Febrian – Utara (Hsinchu), PPI
  5. Muhammad Hendry Wicaksono – Utara (Hsinchu), PPI
  6. Sugiono – Utara (Hsinchu), FORMMIT
  7. Elbert – Tengah (Taichung), PERPITA
  8. Jason Wibowo Suswanto – Tengah (Taichung), PERPITA
  9. Sukma Hadi Novandi – Tengah (Taichung), PPI
  10. Fahmaul Amri – Tengah (Taichung), FORMMIT
  11. Natasha Audrey Lesmono – Tengah (Chiayi), PERPITA
  12. Viviana Angesti – Tengah (Kinmen), PPI
  13. Anggoro Prihandoko – Tengah (Hualien), PPI
  14. Nazal Bimo – Tengah (Hualien), FORMMIT
  15. Ahmad Rifai – Selatan (Tainan), FORMMIT
  16. Febriyanti Rukmana – Selatan (Tainan), PPI
  17. Jevon Benedict Kristanto – Selatan (Kaohsiung), PERPITA
  18. Wahyu Hidayat – Selatan (Kaohsiung), PPI
  19. Afriza Hongko Putra – Selatan (Kaohsiung), FORMMIT
Share this Post:

Berita Terkait: