Berita Bidang Informasi WNI

KDEI Taipei: Perkuat Semangat Persatuan dan Peran Organisasi Masyarakat Indonesia di Taiwan

Pada 27 Maret 2022, di Taichung, KDEI Taipei telah menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Silaturahmi Organisasi Masyarakat Indonesia di Taiwan dan Sosialisasi Isu-isu Pelindungan WNI dihadiri oleh 97 perwakilan dari 66 Ormas WNI di Taiwan dan 15 Satgas PMI KDEI Taipei. Perwakilan Ormas yang hadir menyatakan antusiasmenya terhadap kegiatan ini karena dapat menyuarakan aspirasi WNI di Taiwan. Kesempatan ini juga digunakan sebagai sarana menjalin hubungan persaudaraan dengan sesama Ormas sehingga dapat saling bersinergi untuk penanganan kasus-kasus WNI ke depannya.   

 

Dalam sambutannya, Budi Santoso, Kepala KDEI Taipei menegaskan pentingnya penguatan silaturahmi, kebersamaan, semangat gotong-royong, persaudaraan dan persatuan antar sesama Ormas Indonesia, WNI dan KDEI Taipei. Kepala KDEI Taipei juga menekankan pentingnya peningkatan wawasan dan pemahaman mengenai isu-isu pelindungan WNI bagi Ormas WNI guna memperkuat perannya sebagai pemangku kepentingan pelindungan WNI di Taiwan.

 

Sesi Sosialisasi Isu-isu Pelindungan WNI, menghadirkan secara daring 4 (empat) pembicara berkompeten dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Ketenagakerjaan dan BP2MI. Sesi terakhir, Podcast “KEPOIN KDEI Off-Air” membahas isu-isu mengemuka antara lain pengurusan Akta Lahir di Taiwan, pencatatan pernikahan WNI di Taiwan, permasalahan agensi, pelayanan paspor, penanganan kasus-kasus WNIO, pembinaan pelajar, kasus hukum, dan pemberdayaan WNI. Kegiatan yang baru pertama kali di Taiwan ini mendapatkan apresiasi dan respon positif dari para Ormas WNI dan masyarakat Indonesia di Taiwan. Mereka mengharapkan KDEI Taipei dapat mengadakan forum pertemuan dan sosialisasi serupa secara berkala.