Berita Bidang Informasi WNI

KDEI Taipei: Makna Peringatan Hari Kartini demi Kesetaraan Hak Perempuan

Dalam sambutannya pada Kartini Day 2022 yang diselenggarakan oleh Indonesian Diaspora Network (IDN) in Taiwan pada 24 April 2022 bertempat di Puppetry Art Center of Taipei, Kepala KDEI Taipei, Dr. Budi Santoso, menyampaikan bahwa berkat gerakan emansipasi perempuan yang dipelopori oleh R.A. Kartini, perempuan Indonesia dewasa ini mendapatkan kesetaraan hak sejajar dengan pria sehingga dalam melaksanakan pekerjaan, profesi dan status sosial didasarkan pada prestasi dan kemampuannya. Hari Kartini mengingatkan kita untuk turut dan terus mendukung peran aktif perempuan Indonesia dalam kesuksesan, kemakmuran dan kemajuan bangsa.

 

Ketua IDN Taiwan, Eri Widoera Soeriyadi menyampaikan maksud peringatan Hari Kartini tahun in idi Taiwan antara lain sebagai penghormatan atas perjuangan R.A. Kartini di jamannya sehingga warga Indonesia di Taiwan dapat melanjutkan semangat juangnya dan mendidik generasi selanjutnya agar dapat memberi kontribusi nyata bagi kemajuan Indonesia dan dirinya sendiri. Kegiatan Hari Kartini 2022 juga untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat.

 

Peringatan Hari Kartini 2022 tersebut selain dimeriahkan dengan perlombaan anak-anak berupa peragaan busana tradisional dan penampilan tarian tradisional, juga diadakan Women Talk Show bertemakan ”Ngobrol Santai dengan Kartini Modern di Perantauan Masa Kini” yang menghadirkan pembicara Ibu Nunik Zulmartinof (Wakil Ketua DWP KDEI Taipei), Ibu Unik Ambar Wati (Mahasiswi Kandidat PhD./Ketua PSLN-Salimah Taiwan) dan Ibu Mai Er (Pengusaha/Pemilik Toko Indonesia) menekankan tentang wanita dididik bukan untuk menyaingi laki-laki tetapi agar wanita memiliki kecakapan dan keterampilan untuk menjalankan kewajibannya.

Share this Post:

Berita Terkait: