Berita Bidang Pariwisata

KDEI Taipei Ikut Meramaikan Acara The Asian Art Festival Indonesian Month


KDEI Taipei turut meramaikan “Festival Nusantara di Formosa” tanggal 9-10 Oktober 2021 di Taman National Palace Museum Chiayi, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan The Asian Art Festival Indonesian Month selama bulan Oktober 2021. Pada acara pembukaan Festival Nusantara tersebut, KDEI Taipei bersama Deputy Director of National Palace Museum melaksanakan pemotongan tumpeng yang dilanjutkan dengan penampilan tari Puspa Anjali dan tarian Bali lainnya oleh JuNie Balinese Dance Kaohsiung.

Dari 20 booth yang disediakan, KDEI Taipei menempati 4 booth untuk mempromosikan produk-produk ekspor unggulan dan destinasi pariwisata utama Indonesia, diseminasi informasi mengenai potensi perdagangan, pariwisata, layanan keimigrasian serta pelindungan warga negara Indonesia. 16 booth lainnya yang ditempati oleh IDN Taiwan dan perusahaan produk Indonesia menyajikan produk industri, kerajinan, makanan, Batik, dan lain sebagainya.

Kegiatan Festival pada 9 Oktober 2021 turut dimeriahkan oleh Uni Band (grup band pekerja migran Indonesia) yang membawakan lagu-lagu Indonesia, juga penampilan Mr. Chen Shen Yuan (pak Awan), seorang seniman musik Taiwan bersama kelompok musiknya yang memainkan gamelan dan wayang pada hari pertama. Pada hari kedua Festival menampilkan peragaan busana pakaian adat tradisional Indonesia oleh diaspora Indonesia dan pekerja migran Indonesia. Acara di panggung terbuka ditutup oleh pertunjukan epic dan atraktif kesenian Reog Ponorogo. Antusias tinggi warga Taiwan terlihat sejak awal acara hingga akhir, bahkan mereka tidak segan berfoto bersama dengan para peraga busana daerah dan personil Reog.

Kemeriahan Festival Nusantara ini berkat dukungan penuh Indonesian Diaspora Network (IDN) Taiwan, Persatuan Pelajar Indonesia Taiwan (PERPITA), serta komunitas masyarakat Indonesia lainnya termasuk PMI, pelajar/mahasiswa dan diaspora Indonesia.

Animo yang sangat tinggi dari masyarakat Taiwan tampak jelas selama penyelenggaraan Festival Nusantara dimana tidak kurang dari 1000 orang mengunjungi Festival yang kebanyakan datang bersama keluarga dari berbagai wilayah di Taiwan.

Share this Post:

Berita Terkait: