Berita Bidang Imigrasi

KDEI Taipei Berikan Layanan Mobile SPLP di Pusat Detensi Imigrasi Sanxia

Pada Senin, 27 September 2021, KDEI Taipei kembali melakukan kegiatan pelayanan Mobile SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor) bagi 40 orang WNI Overstayer yg terdiri dari 19 orang laki-laki dan 21 orang perempuan di Pusat Detensi Imigrasi Sanxia, Taiwan.

Mobile SPLP ini merupakan kegiatan pelayanan keimigrasian rutin KDEI Taipei yang dilakukan secara berkala di setiap Pusat Detensi Imigrasi Taiwan.

Kegiatan pelayanan
outreach tersebut diadakan sebagai salah satu bentuk pelindungan Pemerintah RI kepada WNI di luar negeri sehingga WNI yang sedang berada di Pusat Detensi Imigrasi dapat sesegera mungkin memperoleh dokumen perjalanan berupa SPLP untuk kepulangannya ke Indonesia.

Saat ini diperkirakan terdapat ribuan WNI Overstayer di Taiwan yang tidak memiliki dokumen resmi termasuk paspor. Kebanyakan dari mereka adalah PMI yang kabur dari pengguna atau majikan akibat berbagai permasalahan ketenagakerjaan dan lainnya. WNI tak berdokumen resmi ini sangat rentan mengalami permasalahan kesehatan, hukum dan sosial.

KDEI Taipei dalam berbagai kesempatan senantiasa mengimbau kepada seluruh PMI di Taiwan agar memanfaatkan semua akses pengaduan yang tersedia dan tidak berpikir untuk kabur serta selalu mematuhi peraturan hukum setempat sehingga terhindar dari hal-hal yang merugikan.
Share this Post:

Berita Terkait: