Berita Bidang Perdagangan

JARING PRODUK POTENSIAL DARI KOTA SOLO, KDEI TAIPEI GELAR FORUM BISNIS “MENGGALI POTENSI EKSPOR KE TAIWAN”

KDEI Taipei menggelar kegiatan Forum Bisnis dengan tema “Menggali Potensi Ekspor Ke Taiwan” yang diselenggarakan di Kota Solo pada tanggal 2 Juni 2022. Kegiatan tersebut merupakan forum pertemuan dengan para pelaku usaha ekspor dan potensial ekspor di Kota Solo dan sekitarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala KDEI Taipei, Budi Santoso, memberikan paparan tentang potensi ekspor ke Taiwan beserta tantangan yang harus dihadapi. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama KDEI Taipei dengan Dinas Perdagangan Kota Surakarta.  Turut disampaikan pula oleh Pemerintah Kota Solo, bahwa ekspor kota Solo ke Taiwan saat ini didominasi produk yang dihasilkan industri manufaktur seperti garment serta produk yang berbahan kayu seperti furniture, dan tidak memiliki gambaran bahwa kota Solo dan sekitarnya memiliki produk-produk lainnya yang dirasa mampu bersaing di pasar ekspor Taiwan.

Setidaknya terdapat 60 peserta dari Asosiasi ataupun pelaku usaha, baik yang sudah berpengalaman ekspor, maupun belum. Para peserta UMKM yang hadir sangat antusias mengikuti acara bahkan secara aktif terlibat diskusi serta mengajukan berbagai pertanyaan kepada Kepala KDEI Taipei. Dalam forum tersebut, beberapa peserta meminta KDEI Taipei untuk secara aktif menginformasikan peluang bagi mereka untuk dapat mengikuti pameran di Taiwan. Menanggapi hal tersebut, Kepala KDEI Taipei meminta bantuan Pemerintah Kota Solo untuk dapat mengkurasi pelaku usaha khususnya UMKM yang memiliki kualitas serta sesuai dengan preferensi konsumen di Taiwan. KDEI Taipei akan berusaha memfasilitasi para pelaku usaha bertemu dengan potensial buyer baik melalui pameran maupun business matching.

Share this Post:

Berita Terkait: