Berita Bidang Informasi WNI

Indonesian Seafarer Corner dan Shelter Khusus WNIO di Kaohsiung mulai dioptimalkan kembali

Mulai September 2021 KDEI Taipei mengoptimalkan kembali fasilitas Indonesian Seafarer Corner (ISC) dan Shelter Khusus WNI Overstayer (WNIO) di Kaohsiung yang akan dikelola oleh Sdr. Agus Susanto sebagai Petugas Shelter.

Mengawali operasionalisasi ISC/Shelter WNIO tersebut, pada Senin, 20 September 2021 KDEI Taipei mengadakan kegiatan perkenalan dan sosialisasi dengan mengundang tokoh-tokoh WNI/PMI, organisasi masyarakat Indonesia, mahasiswa, dan WNI lainnya terutama yang berdomisili di wilayah Taiwan Bagian Selatan untuk hadir pada acara tersebut.

Tidak kurang dari 70 tokoh WNI/PMI dan perwakilan ormas Indonesia di Taiwan yang hadir di acara tersebut datang dari segala penjuru daerah di Taiwan dan sangat antusias untuk mengetahui dan mengenal ISC/Shelter WNIO yang dimiliki KDEI Taipei di Kaoshiung. KDEI Taipei pada kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Bidang Ketenagakerjaan yang menyampaikan beberapa pesan kepada WNI/PMI yang hadir, yaitu antara lain tentang struktur pelindungan bagi PMI di Taiwan, sekilas fungsi ISC dan Shelter Khusus WNIO, dan informasi terkait kepentingan WNI/PMI lainya. Acara tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan.

Dalam fungsinya sebagai Shelter WNIO, fasilitas tersebut disediakan khusus untuk menampung WNIO yang sedang dalam proses deportasi dan memenuhi persyaratan. Sementara dalam hal kapasitasnya sebagai ISC atau Rumah Singgah ABK Indonesia, menjadi tempat singgah sementara bagi para Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia selama kapalnya sedang bersandar di Pelabuhan Kaohsiung atau pelabuhan sekitarnya, sesuai ketentuan setempat.

Fasilitas tersebut juga dilengkapi ruang pertemuan yang cukup memadai untuk mengadakan kegiatan-kegiatan sosial, pelatihan dan pendidikan oleh masyarakat Indonesia.

Berikut alamat dan kontak Petugas ISC/Shelter Khusus WNIO di Kaohsiung:
No. 80, Bixin Street, Yancheng District, Kaohsiung City
Sdr. Agus Susanto (HP. +886 972 416 022)

Keberadaan ISC dan Shelter Khusus WNIO di Kaohsiung tersebut bertujuan untuk lebih memperkuat sarana dan prasarana pelindungan WNI di Taiwan terutama di wilayah bagian Selatan Taiwan sebagai bentuk kehadiran negara.

Share this Post:

Berita Terkait: