Kegiatan KDEI

Menjangkau Talenta Muda Indonesia di Wilayah Tengah dan Selatan Taiwan, IT-Connects 2024: Talent Fest Menyerap Lebih dari 150 Orang di Kaohsiung

Kaohsiung, 24 Maret 2024 – KDEI Taipei, berkolaborasi dengan YIPA (Young Indonesian Professionals Association) Taiwan dan Ur Insider, menyelenggarakan kegiatan IT-Connects (Indonesia-Taiwan Competence Network For Hi-Tech & Industrial Investments) 2024: Talent Fest di Kaohsiung pada tanggal 24 Maret 2024. Ini merupakan penyelenggaraan IT-Connects yang ketiga kalinya setelah pertama kali diadakan pada tanggal 21 Desember 2022 lalu di Taipei. Sejak penyelenggaraan pertama di tahun 2022, IT-Connects telah menghadirkan lebih dari 15 perusahaan Taiwan dan menghubungkan mereka kepada talenta-talenta Indonesia yang ada di Taiwan. Lebih dari 50 lowongan kerja ditawarkan dan lebih dari 200 orang peserta dari kalangan pelajar dan professional Indonesia di Taiwan telah hadir pada kegiatan IT-Connects ini.

IT-Connects 2024: Talent Fest ini dibuka oleh Kepala KDEI, Bpk. Iqbal S. Shofwan. Dalam sambutannya, Kepala KDEI menyampaikan bahwa IT-Connects ini dapat memberikan manfaat bagi para pelajar dan profesional Indonesia di Taiwan karena para peserta dapat berinteraksi secara langsung dengan dunia usaha Taiwan. Selain itu, penting bagi para pelajar Indonesia untuk mendengarkan pengalaman-pengalaman dari para professional Indonesia sehingga dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi dan dapat memiliki karakteristik yang kuat sebelum memasuki dunia kerja. Turut hadir dalam acara ini sebagai narasumber yaitu Kepala Bidang Investasi, Bpk. Ali Fauzi, Kepala Bidang Pariwisata dan Perhubungan, Bpk. Ichwan Joesoef, dan Analis Bidang Tenaga Kerja, Bpk. Kadir, yang menyampaikan paparan mengenai peluang investasi dan pariwisata di Indonesia, serta hak-hak para pekerja migran Indonesia. Pada kesempatannya, Bpk. Ali Fauzi juga memperkenalkan platform IT-Connects yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan yang tengah mencari tenaga kerja Indonesia yang berada di Taiwan. Platform ini juga memudahkan para pencari kerja untuk mencari lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan-perusahaan Taiwan.

Selain narasumber dari KDEI, acara ini juga turut mengundang Valencia Elvira Sugiharto dan Fathin Nur Aulia Husna sebagai narasumber dari kalangan profesional Indonesia di Taiwan untuk berbagi pengalamannya dalam meniti karir di Taiwan. Acara ini juga memberikan kesempatan kepada CakeResume dan BRI Taipei untuk mengisi sesi Company Sharing sehingga para peserta bisa mendapatkan pemahaman mengenai program-program yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Tahun ini, IT-Connects 2024: Talent Fest diselenggarakan di Kaohsiung untuk dapat lebih menjangkau talenta muda Indonesia yang ada di wilayah Selatan dan Tengah Taiwan. Dari 223 orang yang mendaftarkan diri secara daring, sebanyak 154 orang peserta yang berasal dari Taichung, Tainan dan Kaohsiung hadir dalam acara ini dan berkesempatan untuk bertemu dengan perusahaan-perusahaan Taiwan yang tengah mencari talenta Indonesia di perusahaannya. Terdapat 8 perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini dan membuka lebih 30 lowongan kerja di berbagai sektor seperti pariwisata, keuangan, teknologi, logistik dan perdagangan. Para peserta juga berkesempatan untuk melakukan konsultasi CV (curriculum vitae) dengan CakeResume serta bimbingan karir dengan para profesional dari YIPA Taiwan. Selain itu, para peserta juga berkesempatan untuk menjalani walk-in-interview dengan para perusahaan yang berminat untuk mengenal lebih jauh dengan para peserta. Melalui acara ini, KDEI Taipei terus berusaha untuk menjembatani kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan Taiwan dengan ketersediaan talenta Indonesia di Taiwan.