Berita Bidang Perdagangan

KUNJUNGI HUALIEN DAN TAITUNG, KDEI TAIPEI MENJAJAKI POTENSI KERJASAMA PERTANIAN INDONESIA-TAIWAN

Taipei, 27 Januari 2022, Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei melakukan kunjungan ke kota Hualien dan Taitung untuk membahas kerja sama dalam mendukung ekspor buah Indonesia ke Taiwan dan bertukar informasi terkait teknologi pertanian khususnya dalam hal pembudidayaan tanaman padi dan pineapple custard/Attemoya. 
Dalam kunjungan ke Hualien county yang merupakan daerah utama penghasil padi di  Taiwan,  KDEI Taipei disambut oleh Wali Kota Hsu Chen Wei,  Rektor universitas Tsing Hua dan Rektor universitas Donghua untuk berdiskusi seputar potensi pertanian serta teknologi pengelolaan tanaman padi berbasis smart farming untuk dapat diimplementasikan di Indonesia. Sistem smart farming tersebut antara lain penanaman padi dengan irigasi otomatis serta pengumpulan data iklim dan pertumbuhan tanaman yang kemudian diolah menggunakan teknologi Artificial Intelligen (AI).  Selain itu, KDEI Taipei juga mengunjungi Dong Fong Farm and Research Center  yang merupakan pusat penelitian berbagai varietas tanaman padi mulai dari pembibitan hingga pascapanen untuk bertukar informasi mengenai penerapan teknologi budi daya padi untuk memaksimalkan produksi padi Indonesia. 
Selepas Hualien, KDEI Taipei melakukan kunjungan ke Taitung yang merupakan sentra produksi buah Attemoya yang termasuk golongan sirsak/Annona SP dan merupakan  buah hasil hybrid antara srikaya dan nanas spanyol. Buah ini memiliki potensi untuk dikembangkan di Indonesia. Untuk mempelajari proses pembudidayaan  buah Attemoya tersebut, KDEI Taipei mengunjungi Taitung District Agricultural Research and Extension Station dan Taitung County Farmer Association sekaligus berdiskusi mengenai potensi untuk mendukung ekpor buah tropis dari Indonesia ke Taiwan. 




Share this Post:

Berita Terkait: