Kegiatan KDEI

KDEI Taipei Mengunjungi WNI Terdampak Gempa Bumi Hualien

Pasca terjadinya Gempa Bumi 7.2 SR yang berpusat di Hualien County, KDEI Taipei melakukan kunjungan untuk mengecek kondisi WNI yang terdampak kejadian tersebut serta memberikan dukungan logistik dan obat obatan.

Kunjungan dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 April 2024 dipimpin langsung oleh Kepala KDEI, Iqbal S. Shofwan, serta didampingi oleh tim dari bidang PWNI Pensosbud dan Bidang Tenaga Kerja.

Dalam kunjungan tersebut, Tim KDEI Taipei melakukan audiensi dengan Pekerja Migran Indonesia dan diaspora Indonesia di Majid Al Falah Hualien. Tim KDEI Taipei juga berkomunikasi langsung dengan PMI.  Dari proses audiensi tersebut terkonfirmasi tidak ada WNI yang mengalami cedera fisik sebagai akibat gempa tanggal 3 April 2024.

Tim KDEI juga melakukan kunjungan ke kampus National Dong Hwa University (NDHU) untuk melihat langsung dampak dari gempa yang berlangsung tanggal 3 April 2024 khususnya terhadap Mahasiswa Indonesia di NDHU. Dalam kunjungan tersebut, Kepala KDEI Taipei diterima dengan baik oleh President NDHU, Prof. Hsu Hui Mi.

President NDHU menyampaikan kepada Kepala KDEI bahwa NDHU akan memberikan jaminan perlindungan bagi mahasiswa NDHU yang terkena dampak gempa seperti tempat tinggal sementara, layanan konseling psikologis, perbaikan sarana kampus, serta penyesuaian kegiatan akademis.

Selain melakukan audiensi dengan President NDHU, KDEI Taipei juga melakukan kegiatan berbuka puasa bersama dan berdialog dengan mahasiswa Indonesia di NDHU.