Berita Bidang Investasi

ITIM 2022 Membuka Peluang Pengembangan Ekosistem Investasi Usaha Rintisan Berbasis Teknologi Tinggi

Saat ini Indonesia mulai diminati sebagai tujuan investasi untuk industrI teknologi dan elektronik yang ideal untuk perusahaan-perusahaan ternama Taiwan. Melalui partisipasi aktif KDEI Taipei dalam acara Indonesia Taipei Investment Matchmaking (ITIM) yang diselenggarakan pada tanggal 3 Agustus 2022, diharapkan membuka jalan pengembangan ekosistem investasi usaha rintisan berbasis teknologi tinggi untuk menjadi lebih siap bersaing di kancah global. Kepala Bidang Investasi, Bertempat di Social Innovation Lab, Da’an District, Taipei, acara diawali dengan penyampaian sambutan dari TCA, TETO dan KDEI Taipei.  Kepala Bidang Investasi sendiri menyampaikan presentasi mengenai kolaborasi untuk masa depan melalui pengembangan ekosistem investasi di Indonesia. Tren pertumbuhan investasi yang positif, dukungan sumber daya manusia yang berkompetensi teknologi, penciptaan nilai tambah serta pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) sangat disambut antusias oleh audiens Taiwan untuk menggali lebih lanjut peluang berinvestasi dan berbisnis di Indonesia. 

ITIM merupakan acara yang diinisiasi oleh Taipei Computer Association (TCA) didukung oleh CrossBond dan STARTBOARD Taiwan. Acara ini bertujuan untuk membuka peluang bagi para perusahaan Taiwan yang ingin berinvestasi di Indonesia, khususnya di industri teknologi tinggi dan elektronik. Pada pitching session disampaikan beberapa paparan singkat dari perusahaan-perusahan start-ups teknologi di Taiwan, a.l yang memilki lini usaha dari bidang-bidang: cybersecurity (blockchain technology), pengembangan software, artificial intelligence (AI), fintech, serta otomasi industri (Industry 4.0) serta inovasi-inovasi untuk kegiatan bisnis/perkantoran maupun usaha kecil dan menengah. Beberapa perusahaan-perusahaan rintisan yang hadir menyampaikan presentasi antara lain: Chimes AI, Cherri Tech, Eastern Union IC, EZAI, Galaxy Software Services, iMobile Mind, Internet Information, IsCoolLab, Kdan Mobile Software, Lydsec Digital Technology, Mimir AI Technology, MoldIntel, Phantomcloud Communication, dan RevtelTech.

Event ITIM tahun 2022 ini secara signifikan lebih berorientasi pada pengembangan pemberdayaan (enabling) ekosistem investasi teknologi tinggi. Adapun event tahun sebelumnya yang hanya menampilkan sektor digital yang umum: online shops, travel site, dan lifestyle. Dengan semakin maraknya investasi Taiwan di bidang industri teknologi tinggi, dapat dijajaki adanya kolaborasi antara industri dan start-ups Taiwan dengan dunia usaha di Indonesia. Taiwan dikenal memiliki keunggulan dalam kompetensi integrasi dan produksi hardware dan software. Saat ini kolaborasi potensial yang bisa dijalin antara Indonesia dan Taiwan terdiri dari sektor UKM, sektor otomasi industri dan sektor industri kendaraan listrik (EV).
 
Share this Post:

Berita Terkait: