Berita Bidang Investasi

Foxconn dan Gogoro Akan Percepat Realisasi Investasi di Indonesia

Pandemi COVID-19 tidak menjadi penghalang bagi Pemerintah Indonesia untuk mendorong percepatan rencana investasi Foxconn ke Indonesia. Pada 22 Oktober 2021 di Taipei, Menteri Investasi/Kepala BKPM RI, Bahlil Lahadalia melakukan pertemuan dengan Chairman Foxconn Chairman Young Liu dan CEO Gogoro Horace Luke untuk menindaklanjuti pertemuan virtual pada Agustus lalu. Kedua pihak bersepakat untuk bekerja sama mempercepat realisasi investasi industri baterai dan kendaraan listrik beserta industri dan bidang usaha pendukungnya di Indonesia.

 

“Indonesia merupakan tempat yang tepat bagi investasi ekosistem baterai listrik,” jelas Menteri Bahlil Lahadalia yang didampingi oleh Kepala KDEI Taipei Budi Santoso, Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid dan Direktur Utama Industri Baterai Indonesia (IBC) Toto Nugroho. “Indonesia memiliki keunggulan sumber daya alam sebagai bahan baku baterai listrik, pembangunan infrastruktur yang semakin merata, pertumbuhan masyarakat kelas menengah, serta adanya bonus demografi yang berpotensi menjadi tenaga kerja produktif sekaligus sebagai pasar yang menjanjikan,” lanjut Menteri Bahlil.

 

Chairman Foxconn Young Liu memiliki keyakinan penuh untuk membangun keseluruhan industri baterai dan kendaraan listrik untuk Indonesia di Indonesia dan juga berkomitmen untuk terus mengembangkannya secara berkelanjutan melalui model bisnis BOL (Build, Operate, Localize). Chairman Liu berharap dapat dipertemukan dengan mitra-mitra lokal terkait baik skala besar maupun kecil untuk kelancaran pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Menteri Bahlil menyatakan kesiapannya untuk mengawal penuh seluruh proses realisasi investasi Foxconn melalui satu pintu yaitu Kementerian Investasi.

 

Kepala KDEI Taipei menyambut baik dan mendukung penuh percepatan realisasi investasi Foxconn dan Gogoro bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan lokal di Indonesia. Hal ini sejalan dengan prioritas KDEI Taipei dalam memperkuat kerjasama hi-tech dengan Taiwan sebagai mitra strategis Indonesia.

Share this Post:

Berita Terkait: