Berita Bidang Investasi

Tong Jou Chemical Melihat Indonesia Sebagai Lokasi Ekspansi Investasi yang Tepat di Kawasan ASEAN

Indonesia masih menjadi pilihan utama bagi perusahaan terkemuka Taiwan untuk melakukan ekspansi di antara negara-negara Asia Tenggara. Pada tanggal 14 Juli 2022, Presiden Chen selaku pimpinan dari Tong Jou Chemical (Tong Jou Group) bersama tim manajemen perusahaan dan Ms. Monica Chen selaku perwakilan Eximbank Taiwan berkesempatan melakukan audiensi dengan Kepala KDEI Taipei, Bpk. Budi Santoso yang didampingi oleh Kepala Bidang Investasi, Bpk. Ali Fauzi, untuk menguatkan kembali rencana investasi perusahaan ke Indonesia.

Didirikan pada tahun 1981, Tong Jou Chemical adalah perusahaan terkemuka Taiwan yang bergerak di bidang industri manufaktur produk kimia khususnya tinta dan coating/pelapis untuk berbagai jenis industri terutama elektronik, furnitur, dan tinta cetak yang ramah lingkungan. Tong Jou telah memiliki jaringan produksi dan pemasaran global hingga ke China, Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Selain fokus pada industri kimia, saat ini Tong Jou juga mulai mengembangkan usahanya di bidang industri bioteknologi yang berlokasi di Hualien, Taiwan.

Presiden Chen menyampaikan bahwa saat ini Indonesia dirasa menjadi pilihan yang tepat di antara negara-negara ASEAN, karena wilayah Indonesia yang luas, populasi yang terus bertumbuh didukung tenaga kerja produktif dan juga tentunya peluang pasar dalam negeri serta regional yang menjanjikan untuk terus berkembang di masa mendatang. Diharapkan dengan ekspansi ini, Tong Jou dapat memasok berbagai produk kimia untuk kebutuhan industri yang ada di Indonesia, sehingga mengurangi ketergantungan impor Indonesia atas bahan baku produk kimia.

“Dengan pengalaman bisnis kami di Taiwan, Tiongkok dan Thailand, kami siap untuk berkompetisi di pasar lokal dan saat ini kami sedang mempersiapkan rencana kunjungan ke Indonesia untuk melakukan survey lokasi”, tutur Presiden Chen. Di sela-sela pertemuan, pimpinan Tong Jou berkesempatan meninjau Indonesia Exhibition Center yang ada di KDEI dan menyampaikan keinginannya untuk berpartisipasi dalam kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan dilaksanakan di Jakarta pada bulan Oktober mendatang.

Kepala KDEI menyambut baik rencana Tong Jou untuk memperbesar investasinya di Indonesia mengingat potensi Indonesia yang lebih besar dibandingkan di Vietnam dan Thailand. Diharapkan pula nantinya pabrik yang ada di Indonesia dapat memasok kebutuhan di ASEAN. Tentunya Pemerintah Indonesia akan memberikan dukungan penuh agar rencana investasi Tong Jou dapat terealisasi.

Share this Post:

Berita Terkait: