Berita Bidang Investasi

Perusahaan Rintisan Digital Indonesia Menerima Penghargaan GO SMART AWARD 2022 di Taipei

Taipei sebagai salah satu kota di dunia yang aktif mengembangkan kota cerdas atau “smart city” selama beberapa dekade terakhir telah mendapat banyak pengakuan dari dunia internasional. Merujuk pada survey Smart City Index 2021, Taipei berada pada posisi keempat secara global dan posisi kedua di Asia dalam pengembangan smart city. Sebagai upaya meningkatkan kolaborasi secara global, sejak tahun 2019, Pemerintah Kota Taipei mendirikan “Global Organization of Smart Cities” atau GO SMART yang beranggotakan 94 kota dan 110 pelaku industri sehingga diharapkan terjalin kolaborasi dan adopsi sistem dan teknologi dengan Proof of Concept (PoC) antara kota-kota pintar di berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, untuk mempromposikan pengembangan smart city yang telah berhasil diterapkan oleh pelaku industri dan pengelola perkotaan, maka Pemerintah Kota Taipei setiap tahunnya menyelenggarakan GO SMART Award sebagai ajang penghargaan kepada para anggotanya yang telah berhasil mengimplementasikan strategi dan metode pembangunan kota cerdas.

Tidak ketinggalan, Indonesia selama beberapa tahun terakhir turut berpartisipasi aktif dalam inisiatif pada pengembangan kota pintar dan di tahun 2022, Qlue mewakili tech startup Indonesia berhasil meraih penghargaan Top-3 Best Project Award bersaing dengan 42 proyek dari 10 kota yang tersebar di 7 negara. Melalui pengembangan “Intelligent Mobility System” untuk Township Management di wilayah Alam Sutera. Melalui solusi AIoT yang dikembangkan oleh Qlue, telah mengurangi kemacetan lalu lintas sebesar 35%, sehingga berhasil mengurangi emisi gas dan menciptakan lingkungan tinggal yang lebih baik bagi warga yang tinggal dan disekitarnya. Sebagaimana pembatasan pelaku perjalanan dari luar negeri ke Taiwan masih diberlakukan, pada tanggal 23 Maret 2022 Kepala Bidang Investasi KDEI Taipei Bapak Ali Fauzi berkesempatan mewakili Qlue dan sekaligus sebagai perwakilan Indonesia menerima secara langsung penghargaan GO SMART diantara para finalis lainnya bertempat di Taipei Nangang Exhibition Center. Kegiatan bertepatan pula dengan agenda Smart City Summit & Expo 2022 yang dilaksanakan setiap tahunnya di Taipei.

Didirikan pada tahun 2016, Qlue adalah perusahaan teknologi pionir di bidang solusi dan inovasi smart city di Indonesia. Qlue telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jakarta dalam mengimplementasikan konsep Smart City pertama di Indonesia. Hingga saat ini, Qlue telah dipercaya oleh lebih dari 50 pelanggan dari berbagai instansi baik pemerintah, organisasi penanggulangan bencana, dan perusahaan swasta yang secara konsisten memperluas solusi smart city di sektor properti, energi, serta kesehatan dan rumah sakit, serta beberapa sektor baru antara lain dari sektor mal dan ritel, perhotelan, infrastruktur, manufaktur, dan farmasi.

Share this Post:

Berita Terkait: