Berita Bidang Investasi

Perusahaan Bioteknologi Budidaya Jamur Matsutake Melihat Potensi Bisnis dan Peluang Investasi yang Menjanjikan di Indonesia

Bisnis budidaya jamur bukanlah hal yang asing bagi para pemain industri pangan di Taiwan. Namun seiring dengan kemajuan teknologi di Taiwan, Jinlife Biotechnology Co. Ltd. (Jinlife) yang berlokasi di Pingtung Agricultural Biotechnology Park melakukan terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi tingkat tinggi dalam proses pembudayaan jamur jenis Matsutake yakni Honshimeji dan Hatakeshimeji, demi memaksimalkan kualitas maupun kuantitas produksi. Pada tanggal 3 November 2021, Bidang Investasi KDEI Taipei berkesempatan untuk memahami secara langsung dari awal proses produksi hingga tahap pembungkusan akhir, dimana sebagian besar proses produksi sudah dilakukan secara otomasi. Kedua jenis jamur tersebut saat ini telah menjadi hidangan eksklusif dengan karakter rasa dan aroma yang berbeda dibandingkan jenis jamur lain pada umumnya. Jamur Honshimeji dan Hatakeshimeji saat ini telah berhasil dibudidayakan dalam skala industri di Taiwan.

Selama proses kunjungan berlangsung, Dr. John selaku Vice President perusahaan menjelaskan secara rinci tentang pentingnya memperhatikan setiap faktor yang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan. Dr. John juga mengemukakan bahwa saat ini pimpinan perusahaan telah melihat potensi sumber bahan baku media tanam yang melimpah di Indonesia, seperti limbah serbuk kayu, sekam dan sisa-sisa hasil pertanian lainnya. Hal ini merupakan salah satu pendorong utama bagi pimpinan perusahaan untuk memilih Indonesia sebagai potensi perluasan bisnis budidaya jamur ini di masa mendatang.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Teddy Surachmat didampingi Kepala Bidang Investasi, Bapak Ali Fauzi mewakili KDEI Taipei menyampaikan apresiasi atas capaian yang telah diraih oleh perusahaan sekaligus memberikan dukungan positif agar dapat segera merealiasasikan investasinya ke Indonesia. KDEI juga menyampaikan akan membantu dan memfasilitasi hal-hal yang diperlukan oleh perusahaan antara lain seperti informasi lahan, perizinan investasi, termasuk dukungan sumberdaya manusia dan tenaga kerja ahli terkait.

Share this Post:

Berita Terkait: