Berita Bidang Investasi

Pelaku Usaha Taiwan Menyambut Kebangkitan dan Transformasi Ekonomi Indonesia Pada Indonesia Investment and Business Seminar (IBIS) 2022

Memasuki masa pemulihan ekonomi global pasca pandemi COVID-19, KDEI Taipei bekerja sama dengan PwC pada 17 Maret 2022 kembali menyelenggarakan Indonesia Investment and Business Seminar (IBIS) 2022 menghadirkan sekitar 100 pelaku usaha Taiwan secara online ataupun offline. IBIS 2022 mengambil tema penjelasan perihal penyebaran kluster manufaktur dan analisis kawasan industri sektor pionir beserta sistem perpajakan di Indonesia.

IBIS 2022 dibuka oleh Kepala KDEI Taipei, Bapak Budi Santoso dan turut dihadiri oleh PwC Taiwan SEA and India Business Leader Mr. Richard Watanabe, PwC Indonesia Chinese Business Desk Leader Mr. Toto Harsono, dan BRI Taipei Branch Relationship Manager Bpk. Norman Lubis. Melalui seminar kali ini, pelaku usaha dapat memahami lebih jelas perihal potensi dan insentif terkait dari sektor industri Taiwan di Indonesia sehingga dapat memperluas pasar usaha dengan memanfaatkan momentum kebangkitan ekonomi pasca pandemi serta transformasi ekonomi dilandasi semangat Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law). 

Seminar menghadirkan Kepala Bidang Investasi KDEI, Bpk. Ali Fauzi yang menyampaikan informasi terkini perihal peluang investasi di berbagai sektor untuk pembangunan Indonesia yang semakin pesat di masa mendatang, termasuk update pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kearah Sustainable, Smart and Green City. Paparan dilanjutkan dengan topik terkait layanan perbankan dari BRI Taipei Branch yang dapat mempermudah investor asing berinvestasi di Indonesia oleh BRI Taipei Branch Relationship Manager Bpk. Norman Lubis, serta pemaparan terperinci dari gabungan consulting partners PwC Taipei dan Jakarta (dipandu Mr. Yitai Tsai, dan Ms. Zhong Jiaying) perihal sektor usaha Taiwan yang berpotensi di Indonesia termasuk insentif perpajakkan, dan juga sistem perpajakan dan regulasi terkait tata cara pendaftarannya di Indonesia.

IBIS 2022 juga menghadirkan CEO dari MOOIMOM Mr. James Chou dan Vice GM dari Tron-E Mr. Eric Chiu. Baik MOOIMOM yang bergerak di bidang e-commerce untuk produk-produk bayi dan ibu pasca melahirkan maupun Tron-E yang bergerak dalam bidang industri bis listrik membagikan cerita sukses serta pengalaman masing-masing perusahaan dalam proses mendirikan usahanya di Indonesia dan sangat menginspirasi para pelaku usaha lainnya.