Berita Bidang Perindustrian

Kunjungan ke FIRDI dalam rangka perluasan kerja sama industri makanan

Pada hari Selasa, 22 Februari 2022, Kepala Bidang Industri KDEI Taipei dan staf mengunjungi FIRDI (Food Industry Research & Development Institute) yang terletak di kota Hsinchu. Tim FIRDI yang dipimpin oleh Deputy Director General of FIRDI, Dr. Binghui Barry Yang menyambut untuk membahas beberapa isu mengenai: i) MoU Kerja Sama Pengembangan Industri Makanan dan Minuman yang akan berakhir di bulan Agustus 2022; ii) Rencana pengiriman pegawai Balai Besar Industri Agro (BBIA) ke Taiwan; dan iii) Identifikasi kebutuhan dan spesifikasi tepung porang yang dibutuhkan Taiwan.

Kedua pihak setuju untuk membuat naskah kerja sama baru yang akan dilakukan antara pihak KDEI Taipei & TETO Jakarta dengan FIRDI dan BBIA akan menjadi para pihak pelaksana (implementation agency). Sementara ruang lingkup kerja sama akan lebih diarahkan kepada kegiatan yang sifatnya optimalisasi teknologi.

Selanjutnya, dalam rangka implementasi Technical Arrangement Pilot Project on Product Development and Turnkey Solution for Refined Carrageenan from Seaweed yang telah ditandatangani pada Bulan Oktober 2020 oleh BBIA dan FIRDI, pegawai dari BBIA akan dikirim ke Taiwan untuk melakukan pengembangan bersama di FIRDI selama satu bulan. Ketatnya aturan karantina di Taiwan menyebabkan rencana tersebut diundur ke bulan Juni atau Juli 2022 dengan harapan aturan karantina akan lebih longgar.

Sehubungan dengan rencana pengembangan hilirisasi porang di Indonesia serta kebutuhan porang di Taiwan baik kuantitas maupun kualitas, FIRDI belum memiliki informasi terkait jumlah kebutuhan porang di Taiwan. Adapun untuk kualitas tergantung kepada perusahaan penggunanya disesuaikan dengan produk akhir yang akan mereka produksi. Di Taiwan sendiri belum ada standar nasional untuk porang maupun tepung porang

FIRDI akan melaksanakan webinar untuk mengidentifikasikan kebutuhan teknologi hilirisasi porang di Indonesia sebagai tindak lanjut Food Dialogue ke-3 di bulan November 2021 maka FIRDI. KDEI Taipei menawarkan ke FIRDI untuk membantu menjaring calon peserta yang sesuai untuk webinar tersebut.

 

Share this Post:

Berita Terkait: