Berita Bidang Perindustrian

KDEI Taipei Dorong Ekspos Desain Produk Industri Indonesia Mendunia

KDEI Taipei selama beberapa tahun terakhir ini telah memfasilitasi kerja sama pengembangan desain produk industri yang diimplementasikan oleh Ditjen Industri Kecil Menengah dan Aneka – Kementerian Perindustrian dan Taiwan Design Research Institute (TDRI).

Pada tahun 2021 ini, walaupun masih adanya pandemi Covid-19 baik di Indonesia maupun di Taiwan tidak menyurutkan kedua belah pihak untuk melanjutkan kerja sama tersebut. Pada tahun ini, kegiatan yang telah dilakukan selama kerja sama ini berlangsung adalah fasilitas pendaftaran bagi para pemenang
Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2020 untuk mengikuti seleksi Golden Pin Design Award (GPDA) 2021 serta mengundang juri kehormatan dari TDRI dalam IGDS 2021.

Untuk mengikuti GPDA 2021, fasilitas yang diberikan adalah pembebasan biaya pendaftaran dan preferensi untuk otomatis lolos ke tahap 2 bagi 20 produk. Terdapat 21 produk IGDS 2020 yang didaftarkan dalam GPDA 2021 dan tiga produk telah lolos ke tahap 3 dan berhak memperoleh
Golden Pin Design Mark. Tahap selanjutnya adalah babak final dimana akan dipilih produk terbaik dari setiap kategori. Jika dibandingkan di tahun 2020, jumlah produk yang lolos ke tahap 3 lebih sedikit. Hal tersebut dikarenakan, di tahun 2021 seluruh kegiatan penjurian dilakukan secara online, termasuk produk yang akan dinilai,sehingga para juri tidak melihat dan merasakan secara langsung produk yang berkompetisi. Kemampuan para peserta untuk memaparkan desainnya dalam waktu yang singkat adalah yang paling utama.

Keikutsertaan para pemenang IGDS 2021 diharapkan akan dapat mengekspos kemampuan desainer Indonesia di panggung dunia dan akses kepada pasar yang lebih luas karena GPDA merupakan ajang kompetisi global yang telah diikuti oleh peserta dari berbagai negara di dunia.

Kegiatan lain pada 2021 adalah mengundang ahli dari TDRI untuk menjadi juri kehormatan dalam kompetisi IGDS 2021 khususnya pada penjurian tahap 3 yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 September 2021. Dalam hal ini TDRI diwakili oleh Mr. Oliver Lin, Vice President TDRI. Kehadiran ahli dari TDRI diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan bagi para peserta dan juri lain serta meningkatkan kualitas kompetisi IGDS sehingga ke depannya IGDS pun dapat menjadi salah satu kompetisi desain yang dipandang di tingkat global.

Pada penjurian tahap 3 IGDS terdapat 8 desain produk dan 8 konsep desain produk yang diseleksi untuk dipilih best 3 dan best award, serta 4 produk yang akan dipilih menjadi pemenang dari masing-masing kategori.

Selain itu, IDGS 2021 juga mengadakan pelatihan bagi para pemenang IGDS 2020. Untuk menjaga kontinuitas kerja sama pengembangan desain maka para Pemenang IGDS 2021 akan difasilitasi untuk menjadi peserta pada GPDA 2022.
Share this Post:

Berita Terkait: