https://spm.unj.ac.id/wp-content/upgrade/pict/
https://ppg.umuslim.ac.id/wp-content/img/
https://apsrv01.usk.ac.id/app/
https://sso-obe.ft.unsri.ac.id/asset/zgacor/
http://pmb.baritoutarakab.go.id/
https://demafuad.iainponorogo.ac.id/wp-includes/pil/
https://senat.iainponorogo.ac.id/wp-includes/sell/
https://tracerstudy.untika.ac.id/wp-includes/tell/
https://maxwin.baritoutarakab.go.id/
https://mgmpbhsindo.sman4palangkaraya.sch.id/admin/
KDEI Taipei - Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia

Berita Bidang Perindustrian

IT-CONNECTS 2023: TCA INTERNSHIP PROGRAM, JEMBATAN UNTUK MENGHUBUNGKAN TALENTA INDONESIA DENGAN KEBUTUHAN INDUSTRI TAIWAN

Taipei (14/04/2023), KDEI Taipei kembali menyelenggarakan kegiatan IT-Connects 2023 dengan tema “TCA Internship Program Seminar for Indonesian Students”. Acara ini bertujuan untuk menyosialisasikan  program magang yang diselenggarakan oleh TCA (Talent Circulation Alliance). IT-Connects 2023 ini dibuka oleh Bpk. Zulmartinof, Wakil Kepala KDEI Taipei. Disampaikan oleh beliau, Taiwan saat ini telah memasuki status “aging society”, sedangkan kebutuhan akan sumber daya manusia masih tetap tinggi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan jumlah sebanyak 18.000 pelajar Indonesia di Taiwan, Bpk. Zulmartinof yakin pelajar Indonesia dapat memanfaatkan peluang yang ada di Taiwan, dan hadirnya program TCA sangat membantu menjembatani antara kebutuhan industri Taiwan dengan talenta Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini adalah Mr. Henry Lin dan Ms. Zhao Zun-Li, TCA Program Officer dari Institute for Information Industry (III).  Dalam paparannya, Ms. Zhao Zun-Li menjelaskan mengenai TCA dan program pengembangan talenta lainnya yang disediakan oleh TCA. Secara khusus, Ms. Zhao Zun-Li menjelaskan dengan lebih rinci program magang bagi mahasiswa asing di Taiwan. Hadir juga dalam acara sosialisasi ini tiga orang WNI yang merupakan alumni dari program magang TCA. Berbagai manfaat dan tantangan yang mereka hadapi pada saat menjalani program magang tersebut mereka ceritakan kepada seluruh peserta yang hadir, untuk memberikan gambaran dan persiapan kepada para peserta yang berminat untuk mengikuti program magang tersebut. Program magang TCA ini juga membuka peluang bagi peserta yang telah selesai mengikuti program, untuk melanjutkan karirnya di perusahaan tersebut sebagai karyawan tetap. Chynthia Fang dan Claudio Aditya, alumni TCA yang hadir, saat ini bekerja di tempat mereka menjalankan program magang pada tahun sebelumnya.

Antusiasme peserta yang hadir terlihat dari sesi interaktif tanya jawab yang sangat hidup. Penjelasan mengenai tata cara, persyaratan, dan lini masa dari program magang TCA ini telah disampaikan oleh Mr. Henry Lin dan Ms. Zhao Zun-Li. Pendaftaran program magang ini akan ditutup pada tanggal 27 April 2023 dan dilakukan melalui situs TCA. Program ini hanya untuk pelajar yang masih aktif bersekolah hingga November 2023, sehingga bagi pelajar Indonesia yang sudah lulus, dapat mengikuti acara job fair yang diselenggarakan oleh TCA pada tanggal 2 Juni 2023.

Untuk menjangkau lebih banyak peserta, acara seminar ini juga ditayangkan melalui akun Facebook dan YouTube KDEI. Program IT-Connects sendiri merupakan upaya dari KDEI Taipei untuk menjembatani kebutuhan dunia industri Taiwan dengan talenta Indonesia. Disampaikan oleh Bpk. Zulmartinof, KDEI Taipei siap untuk melakukan fasilitasi dan kolaborasi dengan insititusi pendidikan dan industri Taiwan, demi meningkatkan kerjasama pembangunan kapasitas talenta Indonesia dan Taiwan.
Share this Post:

Berita Terkait: