Berita Bidang Investasi

TAIWAN TRADE MISSION: KESIAPAN INVESTOR TAIWAN BEKERJA SAMA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI DAN SUMBER DAYA AIR DI INDONESIA

Pengembangan infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia dan secara khusus proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) sangat disambut baik calon investor dari Taiwan. Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) pun juga sudah membuka peluang bagi para perusahaan-perusahaan internasional, termasuk Taiwan. Menanggapi peluang yang ditawarkan, Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), bekerja sama dengan Bidang Investasi KDEI Taipei dan Kementerian Investasi/BKPM, mempertemukan delegasi perusahaan-perusahaan Taiwan dengan instansi-instansi serta perusahaan-perusahaan Indonesia terkait di Jakarta pada tanggal 14-16 Juni 2023. Pada 14 Juni 2023, kegiatan diawali dengan forum 1-on-1 meeting yang berlokasi di Hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Forum ini dihadiri oleh beberapa perusahaan Taiwan dan Indonesia. TAITRA juga mengundang perwakilan dari Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) yaitu Bpk. Teguh Prasetya (CEO & Chairman) untuk menjadi salah satu pembicara dalam forum tersebut. Terdapat 10-20 perusahaan dan asosiasi Indonesia yang menghadiri kegiatan ini. 

Kegiatan 15 Juni 2023 dimulai dengan kunjungan delegasi TAITRA dan perusahaan-perusahaan Taiwan serta Bidang Investasi KDEI Taipei ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, di mana delegasi disambut oleh Bpk. Nazib Faizal (Sekretariat Jenderal & Kepala Teknologi Informasi dan Data) dan Bpk. Zamhur Rimaldi Karnadi (Kepala Bidang Investasi Jalan Tol). Pada siang hari, kegiatan dilanjutkan dengan forum “Indonesia-Taiwan Intelligent Transportation and Water Resources Forum 2023: Nusantara New Capital City and Smart Cities Development Collaboration” yang diadakan oleh Kementerian Investasi/BKPM yang berlokasi di Hotel Alila SCBD Jakarta. Forum tersebut menghadirkan narasumber-narasumber yang berkompetensi di bidang-bidang tersebut, yaitu dari Otorita IKN, Bpk. Muh. Naufal Aminuddin (Direktur Pembiayaan), PT. Delameta Bilano (ITS Indonesia), Bpk. Rein Gazalba (Direktur Operasional dan Pengembangan), PT Jakarta Propertindo, Bpk. Indra Lesmana Kosim (VP Project Acuisition & Development) serta dari Kementerian Investasi/BKPM, Bpk. Noor Fuad Fitrianto (Direktur Perencanaan Jasa dan Kawasan).
Kegiatan 16 Juni 2023 dimulai dengan kunjungan ke PT Waskita Karya (Persero) Tbk di Jakarta, di mana mereka disambut oleh Bpk. Irianto Purwosunu (Change & Claim Management Expert). Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kantor Otorita IKN di Jakarta, di mana mereka disambut oleh Bpk. Muh. Naufal Aminuddin (Direktur Pembiayaan).

Dari rangkaian kegiatan pendampingan Trade Mission kali ini, dapat dirasakan manfaat dari kesempatan bertukar pengalaman serta info-info peluang proyek antara perusahaan-perusahaan Taiwan dengan instansi-instansi serta perusahaan-perusahaan Indonesia. Diharapkan kedepannya dapat lebih banyak lagi kesempatan serta jumlah perusahaan Taiwan dan Indonesia yang dapat mengadakan hubungan  kerja sama yang lebih baik. 


Share this Post:

Berita Terkait: