Berita Bidang Perindustrian

Perkuat Kerjasama Teknologi Tinggi KDEI Taipei Menghadiri Peresmian Pusat Pelatihan Teknologi Tinggi Bagi Pelajar Indonesia

Pada hari Kamis tanggal 29 September 2022, KDEI Taipei menghadiri peresmian pusat pelatihan teknologi tinggi bagi pelajar Indonesia di Kunshan University of Science and Technology di Tainan, demi memperkuat kerja sama teknologi tinggi dengan Taiwan. Pusat pelatihan ini diprakarsai oleh Overseas Community Affairs Council (OCAC) Taiwan sebagai bentuk implementasi dari program misi One Country - One School - One Training Base di bawah kebijakan New-Southbound, yaitu membuka satu pusat pelatihan teknologi tinggi untuk satu negara Asia Tenggara pada satu sekolah di Taiwan, dan untuk Indonesia berlokasi di Kunshan University.

Pelatihan teknologi tinggi yang dimaksud antara lain adalah penggunaan teknologi industri 4.0 baik perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), seperti: Artificial Intelligence, IoT, Automation, Robotic Arms, dan lainnya. Diharapkan para pelajar yang sudah terlatih dan menguasai teknologi tersebut pada akhirnya nanti dapat langsung masuk ke dunia kerja, bekerja di perusahaan-perusahaan Taiwan baik yang berada di Taiwan, sudah memiliki fasilitas produksi di Indonesia ataupun yang sedang ingin mengembangkan lini sayap bisnisnya di Indonesia.

Sementara ini program pendidikan yang sudah berjalan di Kunshan University untuk pelajar yang berasal dari Indonesia adalah program 2+i, yaitu program 2 tahun kuliah ditambah dengan magang di sektor industri yang ditujukan bagi pelajar vokasi yang ingin mengambil gelar sarjana. Jumlah pelajar yang mengikuti program untuk tahun akademik 2018 berjumlah 16 siswa, sedangkan untuk tahun akademik 2019 berjumlah 33 siswa. Setelah menyelesaikan program tersebut, beberapa siswa ada yang langsung kembali ke Indonesia untuk bekerja dan ada juga yang masih tinggal di Taiwan untuk melanjutkan ke program Magister atau bekerja di perusahaan Taiwan.

Seiiring dengan arah kebijakan pemerintah Indonesia di sektor industri, pemerintah memiliki inisiatif program Making Indonesia 4.0, yaitu meningkatkan kapabilitias dan kapasitas industri Indonesia khususnya dalam hal penggunaan teknologi tinggi di era Revolusi Industri 4.0 demi meningkatkan daya saing produk secara global untuk membangun ekonomi nasional, untuk hal ini tercapai diperlukan sumber daya manusia Indonesia yang cakap dan sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. KDEI Taipei sebagai perwakilan Indonesia di Taiwan akan terus mendorong dan memfasilitasi kerja sama industri antara Indonesia dan Taiwan khususnya dalam hal alih transfer teknologi dan pengembangan SDM industri.
Share this Post:

Berita Terkait: