Berita Bidang Ketenagakerjaan

Kunjungan Wakil Kepala KDEI Taipei ke Coast Guard Administration (CGA) Taiwan

Rabu, 20 Juli 2022, Wakil Kepala KDEI Taipei melakukan kunjungan ke kantor Coast Guard Administration (CGA yang diterima langsung oleh Deputy Director CGA Mr. Michael Sun. Dalam sambutan pembukaan, Wakil Kepala KDEI Taipei menyampaikan tujuan kunjungan ke CGA yaitu sebagai bentuk apresiasi atas bantuan CGA selama ini terutama dalam penanganan dan penyelesaian permasalahan ABK Indonesia baik yang bekerja di kapal ikan maupun kapal niaga. Selain itu, disampaikan pula harapan bahwa kerja sama yang telah terjalin dengan baik dapat lebih ditingkatkan di masa mendatang. 

Menanggapi pernyataan dari KDEI Taipei tersebut, Mr. Michael Sun juga menyampaikan apresiasi atas kunjungan KDEI Taipei ke CGA dan bersedia membantu permasalahan yang dihadapi oleh KDEI Taipei sebagaimana yang telah dilakukan pada bulan Agustus 2021, CGA memonitor dan mengawal proses penurunan ABK Indonesia dari kapal mereka hingga sampai ke Pelabuhan Kaohsiung. Meskipun kewenangan CGA sangat terbatas pada pengawasan perairan, namun CGA akan membantu KDEI Taipei untuk berkoordinasi dengan otoritas Taiwan lainnya yang terkait.

Mengakhiri pertemuan, Wakil Kepala KDEI Taipei menyampaikan permasalahan ABK Indonesia yang bekerja di kapal MV Jian Ye dan MV Uniprofit yang berada di Pelabuhan Kaohsiung serta berharap CGA juga dapat menjadi jembatan dalam penyelesaian permasalahan ini. Diharapkan pula dukungan nyata lainnya dari CGA seperti menginformasikan apabila terjadi permasalahan atau kecelakaan yang menimpa ABK Indonesia di perairan Taiwan dan fasilitasi pengantaran logistik bagi ABK yang ditinggalkan (abandoned) oleh pemilik kapal sehingga mengalami krisis bahan makanan.

Share this Post:

Berita Terkait: