Berita Bidang Ketenagakerjaan

Peluncuran Aplikasi Pospay dan Peresmian Pos Migran Indonesia

TAIPEI - Peluncuruan aplikasi Pospay dan peresmian Pos Migran Indonesia yang diselenggarakan oleh PT. POS Indonesia di Bandung, Jawa Barat dihadiri secara offline oleh Kepala BP2MI, Duta  Besar LBBP RI di Muscat Kesultanan Oman, Perwakilan dari Gubernur Jawa Barat, Direktur Utama PT. Pos Indonesia, dan secara online oleh Kepala UPT BP2MI di Indonesia, Pos cabang Indramayu  dan KDEI Taipei beserta 3 PMI yang mengikuti demo penggunaan aplikasi tersebut.


Sampai saat ini, PMI di Taiwan masih memiliki akses yang terbatas dalam menabung, melakukan pengiriman uang ke Indonesia, termasuk pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan. Perwakilan BNI dan BRI serta beberapa perusahaan swasta telah hadir di Taiwan untuk membantu memfasilitasi PMI dalam melakukan pengiriman uang ke Indonesia. Namun demikian masih banyak PMI yang melakukan pengiriman uang melalui toko-toko Indonesia yang tidak terdaftar sebagai lembaga resmi pengiriman uang. Selain itu, bahasa dan jam operasional bank merupakan faktor utama yang menjadi kendala PMI untuk dapat melakukan transaksi keuangan di bank-bank Taiwan.


Kepala KDEI Taipei Budi Santoso dalam sambutannya menyampaikan, KDEI Taipei mengapresiasi dan mendukung upaya dari Kementerian BUMN - PT. Pos Indonesia bersama BP2MI yang telah menyediakan suatu aplikasi pospay untuk menambah pilihan bagi PMI sehingga dapat mempermudah PMI dalam mengatur keuangan, melakukan pengiriman uang kepada keluarganya di Indonesia dan melakukan transaksi keuangan lainnya untuk dirinya maupun keluarganya di Indonesia.


Dengan adanya aplikasi Pospay yang diluncurkan oleh PT. POS Indonesia bertujuan untuk mempermudah PMI di luar penempatan mengirim uang ke keluarganya yang berada di daerah asal dan melakukan pembayaran jarak jauh dari fitur yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut seperti pembayaran listrik, pembelian pulsa, dsb.


KDEI Taipei menghadirkan 3 PMI untuk uji coba aplikasi tersebut di acara peluncuran, 3 di antaranya adalah 2 Satgas PMI dan 1 PMI melalui program SP2T. PMI yang hadir mencoba fitur membeli pulsa dan pengiriman uang melalui Wesel Pos. Dari 2 transaksi tersebut berjalan sukses. Selain dari uji coba aplikasi Pospay oleh PMI di Taiwan, di Pos cabang Indramayu meresmikan pembukaan Pos Migran Indonesia (*).

Share this Post:

Berita Terkait: