Berita Bidang Perdagangan

Memperkenalkan dan Memperkuat Branding Produk Melalui “Food and Catering Show 2021”

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei terus berupaya untuk meningkatkan ekspor produk makanan dan minuman Indonesia melalui pameran “Food and Catering Show 2021”. Acara berlangsung mulai tanggal 30 April hingga 3 Mei 2021 di Taipei World Trade Center (TWTC).

“Food and Catering Show 2021” merupakan salah satu pameran makanan dan minuman terbesar di Taiwan yang dihadiri oleh peserta pameran dari beberapa negara dan distributor serta supplier yang mensupply supermarket, restaurant, catering, hotel, perusahaan penerbangan, kapal pesiar di Taiwan.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, Budi Santoso mengatakan, “Selain memperkenalkan produk baru ke pasar Taiwan, kami juga bertujuan untuk memperkuat branding produk Indonesia yang telah tersedia di pasar Taiwan. Jadi, acara ini adalah kesempatan besar untuk menunjukkan betapa bagusnya produk Indonesia ".

Di tengah pandemi COVID, pada tahun 2020 ekspor Produk Makanan dan Minuman Indonesia  ke Taiwan terus meningkat dan mencapai USD 52,4 Juta. Taiwan merupakan salah satu mitra dagang Indonesia dan tetap menjadi salah satu tujuan ekspor utama Indonesia karena pertumbuhan ekonominya yang positif. Itulah mengapa Indonesia perlu memanfaatkan peluang ini untuk memperkuat produk Indonesa di pasar Taiwan.

Peserta yang mengikuti pameran ini berasal dari perusahaan-perusahaan besar makanan dan minuman Indonesia serta perusahaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) produk makanan dan minuman.
Pada pameran ini Paviliun Indonesia memamerkan berbagai macam produk makanan dan minuman dari perusahaan-perusahaan besar serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Paviliun Indonesia menampilkan produk yang sudah tersedia di Taiwan dan juga 20 perusahaan makanan-minuman baru yang belum masuk ke pasar Taiwan. Perusahaan dengan produk baru seperti Bubuk Coklat Amanda, Bawang Goreng Delisi, PT Bumi Food Agro Industri, PT Lautan Natural Krimerindo (Fiber Crème), PT SASA Inti, PT Mayora Indah Tbk, PT Konimex, PT Manohara Asri, PT Miwon Indonesia, PT Bali Maya Permai Food Canning Industry (Kalengan Ikan), PT Moringa Indonesia Fangardana (Produk Moringa), Yuppi Gummy Candy, PT Olaga Food. Selain itu UKM yang memamerkan produknya diantaranya CV Zanada Corporation, PT Delisi Pangan Indojaya, PT Gadih Minang Anugerah, PT Monde Mahkota Biskuit, PT Gadih Minang Anugerah, CV Amanda brownies, Heiko Food, CV Aurasufa, CV Samara Micron Saleronell, PT Yasa Jamur Sriwijaya, PT Stanli Trijaya Mandiri, Tropical Coconut Sugar.

Selain itu Paviliun Indonesia juga menghadirkan produk Sarang Burung Walet. Seperti yang kita ketahui, Indonesia penghasil produk sarang burung walet terbaik di dunia dan permintaan produk sarang burung walet Indonesia ke Taiwan terus meningkat. 3 perusahaan sarang burung walet yang mengikuti pameran ini diantaranya Venuses Enterprise Co., LTD, Kai Feng Trading Co., LTD, XC HOUSE Bird Nest yang memasarkan produk sarang burung walet dari Surabaya, Jakarta dan Medan.

Kepala Bidang Perdagangan KDEI Taipei Arif Sulistiyo, menyampaikan bahwa "Ini adalah kesempatan yang tepat untuk memperkuat branding produk makanan dan minuman Indonesia di Taiwan, khususnya Sarang Burung Burung. Kami optimis ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan ekspor produk makanan dan minuman Indonesia" kata Arif.
Dalam rangka menindaklanjuti pameran “Food and Catering Show 2021”, KDEI Teipei akan melakukan one-on-one virtual business matching untuk memfasilitasi minat dari para buyer  Taiwan kepada pemasok dan produsen Indonesia. Arif juga menyebutkan, “Tujuan kami dalam acara ini tidak hanya sekedar transaksi ritel, tetapi lebih untuk mencapai transaksi skala ekspor dan juga meningkatkan popularitas produk Indonesia yang pada akhirnya dapat meningkatkan ekspor Indonesia ke Taiwan secara signifikan”.



Share this Post:

Berita Terkait: