Berita Bidang Ketenagakerjaan

KDEI Taipei Gelar Pelatihan Kecantikan Sulam Alis Level 2

TAIPEI - Bidang Tenaga Kerja KDEI Taipei kembali melaksanakan kegiatan pemberdayaan PMI berupa pelatihan kecantikan sulam alis. Kegiatan ini merupakan level kedua atau lanjutan dari kegiatan serupa yang telah digelar beberapa waktu sebelumnya. Pelatihan kecantikan sulam alis level 2 dilaksakanan pada tanggal 28 Maret 2021 di ruang Indonesia  Exhibition Center KDEI Taipei. Kegiatan terselenggara atas kerjasama KDEI Taipei dengan Jcat Salon dan diikuti oleh 35 PMI. Pelatihan dibimbing langsung oleh Sdri. Jenny sebagai pemilik salon dengan didampingi 3 instruktur lainnya yang merupaka warga Taiwan. Seluruh biaya pelatihan para peserta ditanggung oleh KDEI Taipei.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dan dengan mengikuti pelatihan sulam alis level 2, para peserta telah dapat mengimplementasikan kemampuannya kepada konsumen di Taiwan. Dalam rangka untuk lebih mendalami kemampuannya, para peserta mengharapkan KDEI Taipei kiranya dapat memfasilitasi kembali kegiatan serupa untuk level selanjutnya. Analis Bidang Tenaga Kerja KDEI Taipei memberikan materi singkat terkait ketenagakerjaan dan menyampaikan tujuan dari pelatihan dan mengharapkan agar para peserta mengikuti pelatihan dengan serius mengingat tidak seluruh PMI di Taiwan mendapat kesempatan yang sama. Selain itu, disampaikan pula bahwa semenjak pertengahan tahun 2020, setiap PMI yang akan berangkat bekerja ke luar negeri akan membawa surat dari Kepala BP2MI yang ditujukan kepada pengguna. Dalam surat tersebut juga terdapat informasi 10 destinasi wisata Indonesia. Oleh karenanya, pada kegiatan pelatihan ini, Kepala Bidang Pariwisata dan Perhubungan ikut berpartisipasi dalam menyampaikan informasi pariwisata di Indonesia. Kepala Bidang Pariwisata dan Perhubungan KDEI Taipei menyampaikan materi singkat terkait pariwisata Indonesia dan ekonomi kreatif kepada para peserta serta mengajak para PMI untuk membantu mempromosikan pariwisata Indonesia kepada para pengguna. Para PMI juga dapat menunjukkan website pariwisata Indonesia melalui tautan Indonesia.travel yang saat ini sudah tersedia dalam bahasa Mandarin. 

Sebelum pelaksanaan kegiatan pelatihan dimulai, perwakilan Telkom Indonesia (Telin) di Taiwan turut berpartisipasi memberikan materi singkat terkait produk serta layanan terbaru mereka di Taiwan. Kepala Bidang Perdagangan KDEI Taipei turut menyampaikan materi singkat tentang produk Indonesia dan mengharapkan para PMI bukan hanya sebagai konsumen produk Indonesia di Taiwan, namun sebagai ujung tombak pengenalan produk-produk Indonesia kepada warga Taiwan. Diperkenalkan pula platfom belanja online (idnstore.tw) yang dapat digunakan para PMI untuk browsing maupun berbelanja produk UKM langsung dari Indonesia. Platform tersebut telah dilengkapi dengan sistem pembayaran line pay dan terintegrasi dengan jasa logistik. Selanjutnya Bidang Tenaga Kerja KDEI Taipei akan melaksanakan pelatihan pemberdayaan PMI, Kerajinan Tas Anyaman pada tanggal 11 April 2021 (*).


Share this Post:

Berita Terkait: