Menu

Silaturahmi KDEI Taipei dan NIA Bersama PMI di TMS

  • Published in Berita

Minggu 11 Feb 2018, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia Taipei dan National Immigration Agency  bersilaturahmi dengan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taipei Main Station. Sapaan ringan dari para pejabat KDEI dan NIA disambut hangat oleh para PMI di tengah cuaca dingin 12'c. 

Kepala KDEI Taipei, Robert James Bintaryo  dan DG NIA, Mr. Jeff selain berkeliling menyapa para PMI juga melakukan kunjungan ke taman bacaan dan Mushollah yg berada di TMS. 

Setelah berkeliling Kepala KDEI Taipei, Robert James Bintaryo yang didampingi oleh Kabag Adm, Tri Djuliyanto, Kabid Imigrasi, Herawan Sukoaji dan Kabid Ketenagakerjaan, Devriel Sogya beserta DG NIA, Mr Jeff berbincang bincang dengan PMI di depan taman bacaan yg diadakan oleh salah satu PMI. 

Acara silaturahmi ini juga merupakan wujud perhatian  dan  kepedulian  NIA kepada  PMI, khususnya  yang bekerja  di Taiwan yang membantu  memberikan asistensi kepada orang-orang tua  ataupun  yang  bekerja pada sektor lainnya di Taiwan. Disampaikan juga bahwa NIA akan berupaya membantu dan ikut mendukung dalam memberikan pelayanan bagi PMI agar terwujudnya kualitas hidup yang lebih baik.

Read more...

Syukuran Hari Bhakti Imigrasi Ke 68 di KDEI Taipei

Tepat pada tanggal 26 Januari 2018 dimana Imigrasi Indonesia telah 68 tahun lalu terlahir sebagai organisasi pelaksana fungsi keimigrasian Indonesia, Bidang Imigrasi KDEI Taipei pada pukul 09.00 s.d. 09.30 melakukan syukuran untuk memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke 68 di Taiwan. Syukuran Hari Bhakti Imigrasi ke 68 ini dihadiri oleh Kepala KDEI Taipei, Wakil Kepala, Para Home Staf dan Lokal Staf KDEI Taipei serta seluruh Masyarakat Indonesia yang sedang mendapatkan pelayanan keimigrasian KDEI Taipei.

Selain melakukan syukuran Hari Bhakti Imigrasi ke 68, KDEI Taipei yang telah melakukan terobosan untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada WNI dan WNA yang ada di Taiwan dengan melakukan Terobosan yang dilakukan oleh KDEI Taipei, khususnya dalam hal peningkatan Pelayanan Keimigrasian kepada WNI, yaitu penggantian paspor dengan melakukan penyelesaian paspor 7 hari kerja setelah wawancara/foto/sidik jari, yang pada tahun 2017, saat ini selama bulan Januari tahun 2018 telah dilakukan sosialisasi penyelesaian paspor 4 Hari Kerja setelah Wawancara/Foto/Sidik Jari. 

Kedepan di Tahun 2018 ini, KDEI Taipei secara resmi meluncurkan program Penyelesaian Paspor 4 Hari Kerja setelah Wawancara/Foto/Sidik Jari dan upaya pembangunan aplikasi berbasis android untuk melakukan Booking Antrian Paspor Online dengan kuota, bagi Pemohon Penggantian Paspor di KDEI Taipei guna mempermudah akses antrian bagi pemohon khususnya yang melakukan pengurusan secara mandiri. 

Rangkaian upaya ini semua dilakukan dalam rangka melengkapi inovasi dan upaya peningkatan pelayanan yang telah dilakukan oleh KDEI Taipei khususnya pada Bidang Imigrasi yang telah dilakukan pada Tahun 2017, seperti : 1). Pemberian Pelayanan Cukup 1 Kali Datang ke KDEI Taipei, dengan layanan pengiriman paspor selesai via ekspedisi tercatat di Taiwan, 2). Penyediaan Loket dan Area Tunggu Khusus Pelayanan Prioritas bagi Pemohon Berkebutuhan Khusus (PBK), 3). Pemberian Minuman Kotak Gratis bagi seluruh pemohon Pelayanan di KDEI Taipei lantai 2, dan 4). Penyelesaian Paspor 7 Hari Kerja seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya. Juga tentunya tidak terlupakan Pelayanan Informasi dan Pengaduan Masyarakat yang dapat diakses melalui Website KDEI Taipei, Nomor Telepon Kantor, Telepon Genggam/HP, dan sarana Media Sosial seperti Facebook, Line dan WA. Semua dalam rangka untuk memberikan pelayanan yang dapat dipercaya dan transparan kepada masyarakat 

Berharap Imigrasi Indonesia, khususnya Bidang Imigrasi di KDEI Taipei, terus dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan lebih baik lagi guna merespon perkembangan zaman dan masyarakat dalam hal tugas dan fungsi keimigrasian, untuk memberikan dukungan terhadap perlindungan Warga Negara Indonesia yang ada di Taiwan yang juga diemban oleh KDEI Taipei serta pemberian pelayanan dan pengawasan keimigrasian di KDEI Taipei.

Selamat Hari Bhakti Imigrasi ke 68 untuk seluruh jajaran Imigrasi Indonesia. Semoga pengabdian dan pengorbanan dapat menjadi kontribusi pembangunan negara Indonesia yang Jaya. (hrs/26012018)

Read more...

KDEI Taipei Memberikan Pelayanan Keimigrasian  Ramah Pemohon Berkebutuhan Khusus (PBK)

Untuk memberikan kesempatan bagi Pemohon Berkebutuhan Khusus dalam mendapatkan Pelayanan Keimigrasian di KDEI Taipei, telah dilakukan pemberian fasilitas prioritas atas pemohon dengan kriteria Kebutuhan Khusus tersebut.

Apa sih PBK ?

PBK, atau Pemohon Berkebutuhan Khusus adalah sekelompok orang yang memiliki keterbatasan dalam melakukan kegiatan yang disebabkan atas kemampuan fisik ataupun hal lainnya. Kriteria PBK dapat dijelaskan sebagai berikut, 1. Wanita Hamil, 2. Anak Balita, 3. Orang Cidera, 4. Orang Tua, & 5. Difabel/Dasabilitas.

Merespon kebutuhan atas PBK tersebut, KDEI Taipei telah melakukan langkah-langkah untuk memenuhi hal tersebut dengan menyiapkan fasilitas dan layanan prioritas untuk PBK. Fasilitas dan layanan PBK dapat dilihat dari adanya, Loket Pelayanan Prioritas PBK, yang mana loket  ini disediakan untuk para PBK sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dapat langsung meminta layanan di loket tersebut tanpa harus melakukan pengambilan nomor antrian/atau tidak perlu antrian untuk menyampaikan berkas permohonan. Selanjutnya, setelah berkas permohonan PBK diterima oleh petugas loket 5 layanan keimigrasian, maka akan diarahkan untuk menunggu dibangku prioritas untuk PBK dan selanjutnya akan mendapatkan konter layanan foto/sidik jari/wawancara oleh petugas khusus layanan prioritas PBK. 

Fasilitas layanan PBK sudah dapat terlihat secara jelas sejak PBK akan masuk ke Ruang Pelayanan KDEI Taipei, karena didepan pintu masuk Ruang Pelayanan sudah tedapat Spanduk Berdiri yang menyambut dan menginformasikan adanya Layanan Prioritas PBK. Setelah PBK masuk ke Ruang Pelayanan, PBK akan dapat dengan mudah melihat Loket Pelayanan Prioritas PBK di Loket Nomor 5 karena didepan lokat 5 juga terpasang papan informasi loket pelayanan Prioritas PBK. setelah PBK menyerahkan berkas permohonan secara langsung tanpa mengikuti antrian maka PBK juga dapat secara pasti melihat Area Bangku Prioritas PBK pada bagian belakang bangku antrian sisi kanan PBK masuk dke Ruang Pelayanan, karena spanduk berdiri Bangku Prioritas dapat terlihat dengan mudah. Bahkan pada Bangku Prioritas tersebut juga terdapat stiker yang dilekatkan pada bangku tersebut.

Tentunya, harapan dengan terwujudnya fasilitas Pelayanan Prioritas bagi Pemohon Berkebutuhan Khusus tersebut, KDEI Taipei dapat memenuhi semua kebutuhan pemohonan laynan keimigrasian dengan baik dan adil. Semoga harapan untuk memberikan layanan keimigrasian terbaik dapat dirasakan secara langsung oleh semua pemohon WNI yang ada di Taiwan. (hs/29112017)

Read more...
Subscribe to this RSS feed

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

TAUTAN LAIN

Our website is protected by DMC Firewall!