Menu

KDEI Taipei Hadir dalam Perayaan Idul Fitri Bersama PMI di Taichung

KDEI Taipei Hadir dalam Perayaan Idul Fitri Bersama PMI di Taichung

Taichung, KDEI (17/06/18) --  Kemeriahan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H berlangsung di beberapa kota di Taiwan. Salah satunya diTaichung, sebagai salah kota terbesar ketiga yang banyak dihuni oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI). KDEI Taipei hadir di tiga tempat di Taichung pada hari yang bersamaan, Minggu, 17 Juni 2018. Diawali dengan perayaan Idul Fitri 1439 H yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Taichung, dilanjutkan dengan dua acara yang digagas oleh PMI yakni KOMIT (Komunitas On Air Muslim Indonesia di Taiwan), serta acara komunitas SAVE BMI.

Wakil Kepala KDEI Taipei, Bapak Siswadi mengawali sambutannya di acara Pemerintah Kota Taichung dengan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H kepada seluruh masyarakat muslim baik warga Taiwan maupun WNI/PMI yang hadir.

Pihaknya juga mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Kota Taichung dalam penyelenggaraan berbagai even yang diselenggarakan atau dihadiri oleh PMI baik acara panggung seni, perform budaya, maupun acara keagamaan misalnya tabligh akbar atau penyelenggaraan sholat Idul Fitri sebagaimana tahun ini.

“Kami merasakan bahwa Taiwan khususnya pemerintah Taichung saat ini begitu memperhatikan kegiatan keagamaan seperti Idul Fitri yang baru kemarin kita laksanakan, dan menganggap bahwa kegiatan ini adalah kegiatan penting bagi umat Islam, dan kami juga merasakan bahwa Taiwan khususnya pemerintah Taichung sangat menghormati multikuralisme atau perbedaan keragamaan budaya dan nilai-nilai kehidupan di dunia, termasuk ragam budaya dan nilai-nilai serta agama yang dianut oleh Warga Negara Indonesia yang ada di Taiwan, untuk itu kami ucapkan terima kasih”, ujarnya dalam sambutannya di hadapan PMI yang hadir dalam even itu.

Beliau juga menitip pesan kepada Pemerintah Taichung agar dapat mensosialisasikan hak pemenuhan ibadah bagi PMI kepada majikan/user sehingga ke depan diharapkan tidak ada lagi dispute antara PMI dengan majikan di Taiwan karena permasalahan kesalahpahaman dalam hak untuk menjalankan ibadah. Hal ini perlu menjadi perhatian mengingat Taichung sebagai kota terbesar ketiga dengan jumlah PMI terbesar di Taiwan.

Walikota Taichung, Chia-Lung Lin menyampaikan bahwa 30 % Pekerja Migran Asing di Taichung adalah Pekerja Migran Indonesia.

“Dengan adanya acara yang diadakan di aula balaikota Taichung menunjukkan bahwa balaikota taichung milik semua, milik kita semua”, ujarnya dalam sambutannya.

Menariknya lagi, Walikota Taichung juga turut mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri dalam bahasa Indonesia yang disambut antusias oleh para PMI yang hadir. Komunitas muslim warga Taiwan juga berperan aktif dalam perayaan ini, dan mengkampanyekan Islam di Taicung, dengan tagline "Ask Me About Islam".

Di akhir sambutannya beliau juga mengajak PMI untuk dapat hadir dalam Festival Bunga yang akan dilaksanakan di Taichung nanti.

Acara yang tak kalah serunya adalah perayaan yang digagas oleh PMI yang tergabung dalam organisasi PMI, KOMIT (Komunitas On Air Muslim Indonesia di Taiwan), dengan menghadirkan bintang tamu, Fildan Rahayu (Alumni Dangdut Academy Indosiar), serta acara acara komunitas PMI yakni SAVE BMI.

Dalam kedua acara PMI tersebut KDEI Taipei menyampaikan informasi seputar pelayanan KDEI Taipei di bidang perlindungan WNI, ketenagakerjaan, keimigrasian, kekonsuleran serta himbauan agar menyukseskan Pemilihan Umum 2019.

Dihimbau kepada seluruh PMI hendaknya selalu selalu bekerja dengan baik, serta mematuhi peraturan setempat, waspada terhadap modus penipuan, jangan terpengaruh ajakan untuk kaburan, menjauhi pergaulan bebas/narkoba, hindari miras, apalagi berkendara dalam keadaan mabuk (berat sanksinya, kurungan dan deportasi). Bila ada masalah hendaknya dapat disampaikan ke saluran pengaduan Taiwan (1955), konseling Disnaker setempat maupun KDEI Taipei.  Bila ada masalah hendaknya jangan dipendam tapi dapat dilaporkan atau dikonsultasikan melalui saluran pengaduan yang tepat.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini nantinya dapat membawa manfaat bagi kita semua serta meningkatkan silatuhrami dengan pihak pemerintah Taichung maupun persaudaraan serta persatuan dan kesatuan diantara kita sesama anak bangsa di Bumi Formosa ini”, ujar Wakil Kepala KDEI Taipei dalam mengakhiri sambutannya diharapan ribuan PMI yang hadir.

Turut hadir dalam rangkaian acara perayaan dimaksud, Bapak Farid Ma’ruf selaku Analis Bidang Tenaga Kerja KDEI Taipei.

back to top

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

Our website is protected by DMC Firewall!