Menu

KDEI Taipei Kembali Gelar Sholat Idul Fitri 1439 H Bersama Ribuan PMI di Taiwan

KDEI Taipei Kembali Gelar Sholat Idul Fitri 1439 H Bersama Ribuan PMI di Taiwan

Taipei, KDEI (15/06/18) –Takbir dan tahmid memuji kebesaran Allah kembali berkumandang di salah satu sudut di Taiwan, tepatnya di halaman Taman Taipei Travel Plaza, Kota Taipei, sejak pukul 05.00 waktu setempat. Ribuan jamaah datang berbondong-bondong dari berbagai penjuru Taiwan. Cuaca adem dengan suhu sekitar 26⁰C diikuti guyuran hujan rintik tidak mengurangi niat, dan semangat jamaah untuk datang melaksanakan ibadah Sholat Idul Fitri yang dilaksanakan di dekat Taipei Main Station tersebut.

Dalam memfasilitasi pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1439 H, kali ini KDEI Taipei bekerja sama dengan Pemerintah Kota Taipei, Pihak Kepolisian dan Organisasi Islam di Taiwan dalam hal ini PCINU Taiwan, PCIM Taiwan, MTYT, KMIT, dan FORMMIT. Sebagai informasi bahwa tahun lalu, acara serupa juga diadakan di tempat tersebut.

Selain di Taipei Travel Plaza tersebut, pada saat yang bersamaan, Sholat Idul Fitri juga dilaksanakan di 24 tempat konsentrasi WNI/PMI yang tersebar di 15 kota se-Taiwan.

Sholat Idul Fitri di Taipei Travel Plaza dilaksanakan dalam tiga sesi yang dimulai pukul 06.30 sampai dengan pukul 09.00, hal ini mengingat banyaknya jumlah jemaah yang datang. Diperkirakan belasan ribu jamaah yang mayoritas PMI tersebut telah mengisi posisi shaf-shaf kosong sejak pagi awal. Rangkaian sholat berlangsung dengan lancar yang dipandu dan dilaksanakan langsung oleh tokoh-tokoh agama Islam di Taiwan yang umumnya berasal dari PMI dan mahasiswa. 

Khotib sholat Idul Fitri menyampaikan pesan tentang pentingnya mengenali / intropeksi diri, penguatan persaudaraan, persatuan dan kesatuan sesama muslim serta sesama WNI/PMI di Taiwan.

Seusai rangkaian sholat sesi kedua, Kepala KDEI Taipei, Bapak H. Robert J Bintaryo menyampaikan sambutan. Beliau mengapresiasi kersajama berbagai pihak atas terselenggaranya Sholat Idul Fitri akbar tersebut, antara lain dukungan organisasi agama Islam di Taiwan, PMI maupun dukungan dari pemerintah Kota Taipei serta kepolisian. 

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan tentang esensi dan makna penting Idul Fitri sebagai penanda kemenangan Umat Islam setelah sebulan penuh berjuang untuk mendapatkan keberkahan, rahmat serta maghfiroh dari Allah SWT di bulan suci Ramadhan.

 

“Idul Fitri juga memberkahi kita dengan  kesempatan untuk membersihkan hati dan mengembalikan kesadaran fitrah kita sebagai manusia serta membawa pesan dan tradisi yang baik untuk menguatkan tali silaturahmi  kebersamaan dan kekeluargan di antara kita sesama WNI di Bumi Formosa di Taiwan ini”, ujarnya di hadapan ribuan jamaah.

 

Dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri, hadir juga Wakil Walikota Taipei Mr. Charles Lin yang mewakili Kota Taipei untuk menyampaikan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H kepada para Pekerja Migran Indonesia. Beliau juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi dan sumbangsih PMI selama ini bagi Taiwan. Turut disampaikan juga upaya-upaya yang telah dilakukan terkait Taiwan sebagai destinasi Muslim Friendly, antara lain penyediaan tempat-tempat ibadah/sholat serta restoran dengan sertifikasi halal.

 

Acara berlangsung dengan tertib sampai dengan pukul 09.00, diakhiri dengan salam-salaman diantara jamaah. 

back to top

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is a Joomla Security extension!