Menu

Peringatan Hari Kartini di Kantor Pelayanan KDEI Taipei

Taipei 23 April 2018 – Dengan mengambil tema “ Habis Gelap Terbitlah Terang : Semangat Perempuan  Indonesia Memperkuat Kualitas Bangsa”, KDEI Taipei memperingati Hari Kartini di kantor pelayanan KDEI lantai 2.  

Acara peringatan dibuka dengan sambutan dari Kepala KDEI Taipei, Bapak Robert James Bintaryo dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Ketua Dharma Wanita Pusat KDEI Taipei, Ibu Azizah, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Hari Kartini merupakan momentum yang sangat baik untuk menyegarkan ingatan kita tentang pesan Ibu Kartini yang telah berjuang untuk menyuarakan hak perempuan untuk mendapatkan akses yang sama dengan laki-laki dalam rangka memenuhi haknya sebagai manusia seutuhnya.  Kartini adalah kita. Sebagai perempuan Indonesia, kita patut memunculkan sosok Kartini dalam sanubari kita. Perempuan Indonesia harus tampil ke depan menjadi motor penggerak perubahan. 

Saat ini di Taiwan terdapat ribuan perempuan hebat yang berprofesi sebagai Pekerja Migran Indonesia.  Keberadaan mereka menunjukkan bahwa kaum perempuan mampu menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak-anak mereka, meski terpaksa meninggalkan keluarga di kampung halaman. Merekalah srikandi-srikandi bangsa yang dengan pantang menyerah berjuang di negeri orang agar dapat memperbaiki taraf hidup diri dan keluarga. 

Acara dilanjutkan dengan membacakan  kilas balik Riwayat RA Kartini, kata-kata bijak RA kartini oleh Ibu Kadir. Selanjutnya untuk mengenang jasa-jasa RA Kartini seluruh peserta yang hadir bersama-sama dengan hikmat menyanyikan lagu RA Kartini. 

Pembacaan doa menutup suluruh rangkaian acara Peringatan Hari Kartini dengan harapan akan muncul Kartini kartini masa kini.

Read more...

Perkuat Perlindungan PMI, KDEI Taipei Kembali Adakan Pertemuan Rutin Satgas

Taipei, KDEI (22/04/2018) -- KDEI Taipei kembali kumpulkan anggota Satgas PMI 2018 dalam pertemuan rutin. Satgas PMI saat ini terdiri dari 15 orang PMI yang diberi amanah oleh KDEI Taipei untuk membantu KDEI Taipei dalam layanan perlindungan PMI di Taiwan. Salah satu tugasnya adalah membantu KDEI Taipei dalam penyelesaian permasalahan PMI dengan uraian tugas antara lain menerima, menjawab dan merespon keluhan dan pertanyaan dari PMI sesuai dengan ketentuan dan arahan dari KDEI Taipei.

Pertemuan berlangsung pukul 12.30 – 15.00 di ruang rapat KDEI di Taipei. Pertemuan rutin dimaksud dilakukan guna memantau kinerja Satgas, sharing informasi dan pengetahuan terbaru seputar ketenagakerjaan, kekonsuleran, keimigrasian, identifikasi kendala-kendala yang ditemukan di lapangan, saran dan masukan untuk perbaikan ke depan serta isu-isu aktual ketenagakerjaan belakangan ini dan antisipasi ke depan.

Dalam pertemuan ini dipimpin oleh Kepala KDEI sekaligus menyampaikan paparan dan arahan bagi anggota Satgas. Beliau juga mengapresiasi Satgas dalam bantuannya dalam penyelesaian permasalahan di Taiwan. Dicontohkannya bahwa selama tahun 2017 tercatat sebanyak 1.529 kasus yang masuk, terselesaikan sebesar 1.397 kasus atau sebesar 91,4 %. Sedangkan pada tahun 2018 (posisi 21 April 2018) total kasus yang ditangani sebesar 332 kasus dan sudah terselesaikan sebesar 220 kasus atau sebesar 66,3 %.

Tentunya sebagian kasus tersebut dibantu penyelesaiannya oleh Satgas PMI. Berdasarkan penyebaran domisili/tempat kerja, sebagian besar wilayah Taiwan telah ter-cover oleh Anggota Satgas.

Dalam pertemuan ini Kepala KDEI Taipei juga menyampaikan statistik PMI di Taiwan yang berisi data penempatan, data trend kasus TKI, perpanjangan perjanjian kerja tanpa harus pulang, pembayaran asuransi BPJS Ketenagakerjaan, serta penguatan koordinasi dan kolaborasi dalam upaya peningkatan perlindungan kepada TKI di Taiwan.

Diharapkan dengan adanya tambahan personil Satgas PMI yang saat ini berjumlah 15 orang dapat memperkuat layanan perlindungan PMI di Taiwan.

 

Read more...

Siapkan Infrastruktur Sistem Online Pendaftaran Asuransi BPJS Ketenagakerjaan di Taiwan, KDEI Taipei rapat bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan BNP2TKI

Jakarta, KDEI (22/04/2018) – Baru-baru ini tepatnya Senin lalu (16 April 2018), KDEI Taipei menghadiri rapat bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan BNP2TKI di Jakarta. Agenda rapat adalah pembahasan mekanis dan teknis pembayaran asuransi BPJS Ketenagakerjaan bagi PMI di Taiwan khusnya bagi skema perpanjangan kontrak tanpa pulang.

Dalam rapat ini KDEI Taipei diwakili oleh Bapak Tri Djuliyanto, Kepala Bagian Adminstrasi serta Kadir, Asisten Senior Bidang Ketenagakerjaan. Turut disampaikan seputar kebijakan perpanjangan kontrak yang nantinya akan dilakukan melalui sistem online serta terintegrasi dengan program jaminan sosial atau Asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Kesiapan KDEI Taipei, serta alat pembayaran yang sudah siap serta gambaran pelayanan juga dijelaskan.

Dalam rapat tersebut para pihak yang hadir juga menyampaikan kesiapan dan dukungan dalam menyambut hadirnya sistem online guna memberikan kepastian perlindungan terhadap PMI yang melakukan perpanjangan kontrak di Taiwan. Sebagai informasi bahwa sistem online pada KDEI Taipei dimaksud tersebut terintegrasi dengan SISKOTKLN, BPJS Ketenagakerjaan dan Perbankan (Bank BNI, BRI, dan Mandiri).

Nantinya PMI Cuti tidak perlu lagi ke BP3TKI/LP3TKI/P4TKI untuk pendataan ke dalam Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri maupun pengurusan asuransi lagi karena kedua proses tersebut telah dilakukan pada KDEI Taipei. Sehingga dengan demikian PMI yang cuti mempunyai lebih banyak waktu untuk menjalani cuti bersama keluarga atau untuk urusan lainnya. Selain itu bahwa dengan adanya online system tersebut sebagai alat untuk memastikan PMI terlindungi selama bekerja di Taiwan yakni dengan proteksi Asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Informasi tentang kepastian launching sistem online tersebut akan disampaikan kembali dalam rilis pengumuman resmi KDEI Taipei. Selanjutnya akan dilakukan juga himbauan, sosialisasi, blasting informasi untuk program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi PMI di Taiwan tersebut. Nantinya akan disiapkan hotline/helpdesk khusus untuk pelayanan pendaftaran Asuransi BPJS Ketenagakerjaan di Taiwan. 

 

Read more...

2 Pasang WNI Menikah di KDEI Taipei

Taipei (22/2/2018), bertempat di kantor KDEI lantai 2, telah dilangsungkan pernikahan 2 (dua) pasang  Warga Negara Indonesia. Pernikahan WNI atas nama Pasangan pertama; Imam Santoso bin Sumijan dan Sri Rejeki Purnawati binti Alik Mu’alik serta pasangan ke-2: Sungadi bin Tarso Wiyono d an Suprihatin binti Subani.

Acara di buka dengan sambutan dari Kepala KDEI Taipei, Bapak Robert James Bintaryo dan dilanjutkan dengan pembacaaan Al Quran oleh Kabid Investasi, Bpk Moch. Firdaus. Akad nikah dilangsungkan di KDEI Taipei dengan penghulu Analis Ketenagakerjaan, Bapak Farid Maruf, Saksi I Kabid. Investasi, Bapak Mochammad Firdaus, dan Sdr Herlan S.Bakti sebagai asisten pencatat nikah.

Doa dari seluruh undangan yang hadir adalah semoga pernikahan langgeng dan berbahagia selalu. Aamin.

Read more...

Game Developer dari Indonesia hadir di Creative Expo Taiwan 2018 印尼遊戲開發業者首次與2018臺灣文博會參加創意展覽。

 Untuk pertama kali pengembang game dari Indonesia mengikuti kegiatan pameran kreatif di Taiwan melalui Creative Expo Taiwan 2018. Dua pengembang game Indonesia yang berkesempatan mempromosikan produknya adalah TOGE PRODUCTIONS dan SEMISOFT. Keduanya telah berpengalaman dan memiliki jaringan internasional dengan masing-masing masterpiece-nya adalah Infectonator Series dan Legrand Legacy. 

印尼遊戲開發業者首次與2018臺灣文博會參加創意展覽。兩家印尼遊戲開發業者為TOGE PRODUCTIONS及SEMISOFT有機會推銷他們的產品。這兩家公司持有國際經驗與網絡,各家之傑出作品是INFECTONATOR SERIES及LEGRAND LEGACY

TOGE PRODUCTIONS merupakan pengembang game independen dan studio publishing yang memiliki visi untuk menumbuhkan ide kreatif menjadi pengalaman yang menyenangkan & menarik melalui media interaktif. Sedangkan SEMISOFT adalah perusahaan pengembangan game yang dibuat oleh para gamer untuk para gamer. Visinya adalah menciptakan ide orisinal ke dalam budaya pop mainstream. Dan, pengembangan permainan berkualitas yang menghibur, mendidik, dan memperkaya pemain di seluruh dunia menjadi misi dari SEMISOFT.

TOGE PRODUCTIONS是一家獨立的遊戲開發及出版業者,他們的意象透過相互性的媒體來創造好玩及有興趣的創意作品。另外,SEMISOFT 是一家由遊戲玩家貢獻給遊戲玩家的遊戲開發業者。他們的意象是在流行文化當中創造原始的作品,然而其使命是開發娛樂、教育、及增加價值的高品質遊戲。

Dalam Creative Expo Taiwan 2018, TOGE PRODUCTIONS dan SEMISOFT mengharapkan adanya kerjasama dengan publisher, penggiat sosial media, vlogger, blogger, game developer, investor dan Intelectual Property (IP) clients.

在2018臺灣文博會,TOGE PRODUCTIONS與SEMISOFT希望可以與出版商、社群媒體達人、影片博主、網路博客、遊戲開發業者、投資者、及知識產權等客戶。

Kunjungi booth D4-025 dan D4-026 di Creative Expo Taiwan 2018 di Taipei Expo Park – Expo Dome tanggal 18 – 22 April 2018. 歡迎於2018年04月18日-22日,至花博公園—爭艷館參觀2018臺灣文博展D4-025與D4-026攤位。

TOGE PRODUCTIONS
Facebook: TogeProductions
Twitter:@togeproductions
Website: www.togeproductions.com/

 

SEMISOFT
Facebook: semisoftstudio
Twitter: @SemisoftStudio
Website: https://www.legrandlegacy.com/

Read more...

Pelantikan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei 2018

​Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, atas nama Ketua Komisi Pemilihan Umum Indonesia, telah melantik dan mengambil sumpah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) pada wilayah kerja Taiwan, Jumat 13 April 2018.  Dalam acara yang berlangsung sederhana namun khidmat tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas bagi Anggota dan Sekretariat PPLN Taipei. Dengan sumpah dan pakta integritas tersebut, seluruh anggota dan sekretariat PPLN resmi bertugas mengawal pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Taiwan dengan sebaik-baiknya. 

Anggota dan Sekretariat PPLN Taipei adalah:
Ketua : Fadlillah Ahdiyat
Anggota : 

  1. Lalu Tri Wijaya;
  2. Deyantono;
  3. Hanas Subakti;
  4. Endah Kartika Dewi;
  5. Jefferson Singgih;
  6. Nugroho Priyo Pratomo.



Sekretariat PPLN Taipei
Sekretaris : Ernest B.J Tampubolon
Anggota : 

  1. Tesa Listya K
  2. Mariana S. Gultom


Setelah mengambil sumpah, Kepala KDEI Taipei menyampaikan ucapan selamat bertugas bagi para anggota dan sekretariat PPLN Taipei diiringi harapan agar penyelenggaraan Pemilu 2019 di wilayah Taiwan dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya sesuai amanat Undang-undang Dasar RI Tahun 1945.

Read more...

Pelantikan Badan Musyawarah dan Pengurus PPI Taiwan  Periode 2018-2019 

 

Taipei, 14 April 2018 - Sebagai tindak lanjut dari Sidang Istimewa PPI Taiwan, telah dilaksanakan pelantikan Badan Musyawarah serta Pengurus PPI Taiwan 2018-2019 yang diikuti dengan Serah Terima Jabatan dan Rapat Paripurna. 

Pada kesempatan ini, Kepala KDEI Taipei Robert James Bintaryo memimpin pembacaan ikrar Badan Musyawarah dan memberikan sambutan. Dalam sambutannya Robert James Bintaryo menyampaikan bahwa PPI adalah para pemimpin bangsa di masa depan yang diharapkan dapat membawa Indonesia berdiri tegak diantara bangsa2 lain. Dan juga beliau berpesan agar Anggota PPI Taiwan sanggup mengambil apa yg terbaik untuk diterapkan di Indonesia dari keunggulan Taiwan di sektor agriculture dan technology. 

Akhirnya diucapkan selamat kepada Bamus dan Pengurus PPI yang baru dilantik, dan diharapkan  tetaplah berkontribusi  karena kita akan segera memasuki tahun politik.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is developed by Dean Marshall Consultancy Ltd